Mengapa harus belajar kimia?

 

Kimia adalah studi tentang materi, energi dan interaksi di antara keduanya. Ada banyak alasan untuk belajar kimia, bahkan jika Anda tidak mengejar karir di bidang sains.

Mengapa harus kimia? Kimia ada dimana-mana di dunia sekitar Anda! Ada dalam makanan yang Anda makan, pakaian yang Anda pakai, air yang Anda minum, obat-obatan, udara, pembersi, dan lain sebagainya. Kimia terkadang disebut “ilmu pengetahuan sentral” karena menghubungkan ilmu satu dengan ilmu yang lain, seperti biologi, fisika, geologi dan ilmu lingkungan.

Berikut adalah beberapa alasan terbaik untuk belajar kimia.

  1. Kimia membantu Anda memahami dunia di sekitar Anda. Mengapa daun berubah warna pada musim gugur? Mengapa tanaman hijau? Bagaimana keju dibuat? Apa itu sabun dan bagaimana cara membersihkannya? Ini semua adalah pertanyaan yang bisa dijawab dengan menerapkan kimia.
  2. Pemahaman dasar tentang kimia membantu Anda membaca dan memahami label produk.
  3. Kimia dapat membantu Anda membuat keputusan yang tepat. Akankah produk bekerja seperti yang diiklankan atau apakah itu scam?Jika Anda mengerti bagaimana karya kimia Anda bisa membedakan harapan yang masuk akal dari fiksi murni.
  4. Kimia adalah dasar memasak. Jika Anda memahami reaksi kimia yang terlibat dalam membuat barang yang dipanggang naik atau menetralisir keasaman, kemungkinan Anda akan menjadi juru masak yang lebih baik.
  5. Perintah kimia bisa membantu Anda tetap aman! Anda akan tahu bahan kimia rumah tangga mana yang berbahaya untuk tetap bersama atau dicampur dan dapat digunakan dengan aman
  6. Kimia mengajarkan keterampilan yang berguna. Karena itu, belajar kimia berarti belajar bagaimana bersikap objektif dan bagaimana beralasan dan memecahkan masalah.
  7. Membantu Anda memahami kejadian terkini, termasuk berita tentang minyak bumi, pengembangan produk, polusi, lingkungan dan kemajuan teknologi.
  8. Mengurangi setidaknya sedikit tentang misteri hidup. Kimia menjelaskan bagaimana segala sesuatu bekerja.
  9. Kimia membuka pilihan karir. Ada banyak karier dalam bidang kimia, tapi kalaupun Anda mencari pekerjaan di bidang lain, kemampuan analitis yang Anda dapatkan dalam kimia sangat membantu. Kimia berlaku untuk industri makanan, penjualan eceran, transportasi, seni, dan lain sebagainya.
  10. Kimia itu menyenangkan! Ada banyak proyek kimia yang menarik yang dapat Anda lakukan dengan menggunakan bahan sehari-hari yang umum. Proyek kimia tidak harus menimbulkan ledakan.  Mereka bisa bersinar dalam gelap, berubah warna, menghasilkan gelembung dan perubahan keadaan.

Sumber : thoughtco.com

 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.