Cara Membuat Kalium Klorat (KClO3)

Potasium klorat merupakan senyawa kalium penting yang dapat digunakan sebagai oksidator, disinfektan, sumber oksigen, dan komponen di demonstrasi kembang api . Anda dapat membuat potasium klorat dari pemutih rumah tangga umum dan pengganti garam(KCl). Reaksi ini tidak terlalu efisien, tapi itu sesuatu yang perlu diingat jika Anda perlu Kalium klorat langsung atau hanya ingin tahu bagaimana membuatnya.

Bahan:

  • Pemutih klorin
  • Kalium Klorida
  • Kertas saring / kertas saring kopi

Prosedur :

  1. Rebus dalam volume besar (setidaknya setengah liter)  pemutih klorin, hanya sampai kristal mulai terbentuk. Lakukan ini di luar ruangan atau di bawah lemari asam, untuk menghindari menghirup uap karena cukup berbahaya.
    3 NaClO → 2NaCl + NaClO3
  2.  Setelah kristal terbentuk, segera dinginkan pemutih
  3. Dalam wadah yang berbeda, siapkan larutan jenuh kalium klorida
  4. Campurkan volume yang sama dari larutan pemutih yang telah dididihkan dan larutan kalium klorida, Jaga padatan yang ada pada larutan agar cepat dibuang karena kalium klorat akan mengendap, meninggalkan natrium klorida dalam larutan.KCl + NaClO3 → NaCl + KClO3
  5. Dinginkan larutan dalam freezeruntuk meningkatkan hasil terbentuknya kalium klorat
  6. Saring campuran melalui kertas saring / kertas saring kopi, ambil padatannya.
  7. Keringkan dahulu sebelum dipakai

KCLO3

Sumber gambar dan materi

tootoo.com | Chemistry.about.com

39 thoughts on “Cara Membuat Kalium Klorat (KClO3)

  1. Halo kimiaku. maaf baru balas. mohon maaf saya sendiri blom tau tentang subtitusinya. tapi setelah cari di literatur. memang benar reaksi antara kaporit (NaClO3) + KCl bisa menghasilkan NaCl + KClO3

    1. pupuk kcl (warna merah muda) stukturnya kasar, sama kaporit ( warna putih) stuktur ada yang kasar ama yang halus. cara gabungin??? sesuai literatur nya???

      1. memang dalam pencampuran bahan padat. harus di tumbuk agar halus. teorinya agar luas permukaan menjadi lebih banyak dan reaksi menjadi lebih cepat dan mudah

  2. potasium klorat (KCLO3) dijual ndak pak? barang tersebut untuk kami pergunakan membuahkan tanaman kelengkeng.

  3. membuat KClO3 diatas hanya membutuhkan reaksi metatesis.. tinggal cari aja bahan yang mengandung hipoklorit/ClO-… kalau pakai pemutih konsentrasi NaClO cuman 5-10% di kemasan…tinggal rebus sampai ion hipoklorit jadi klorat..kalau rekomendasiku pakai kaporit saja /Ca(ClO)… dan untuk kritik saya dalam percobaan ini tidak perlu ditumbuk..toh semua butuh dalam bentuk larutan solusi jadi gk usah ditumbuk untuk KCl…KCl hanya dilarutkan sampai jenuh lalu dicampur dengan larutan rebusan hipoklorit..lalu didinginkan di kulkas

  4. saya menambahkan maksud untuk cara diatas..jadi setelah pemutih direbus dan menjadi sepertiga volume dari volume awal..dinginkan larutan ini sampai “Kristal” terbentuk ..nah maksud kristal ini adalah kristal NaCl sedangkan larutan yang ada itu adalah larutan NaClO3 konsentrasi rendah..jadi perlu disaring untuk mendapatkan solusi NaClO3 ..karena kelarutan NaClO3 dalam air lebih tinggi dari NaCl…lalu dicampur dengan larutan panas KCl secara berlebih..agar NaClO3 habis bereaksi menjadi KClO3 sepenuhnya dan produk sampingan NaCl…dan dinginkan dalam kulkas agar hasil KClO3 maksimal dan langsung saring endapan kristal…..salam kenal mas Krisna dwi .. saya Waluyo Tirto dari malang

      1. untuk buat KClO3 dari NaClO3 ,,KCl bisa diganti dengan garam kalium lainnya…contohnya KNO3….NaClO3+KNO3 -> KClO3 + NaNO3…karena kelarutan NaNO3 lebih tinggi dan KClO3 lebih rendah jadi KClO3 tetap mengkristal..tinggal saring

  5. nah ane bingung pupuk kcl itu kaya gmana, soalnya ane nanya ke setiap toko pupuk itu pada beda2 nah, yang lebih aslinya itu yang mana, mohon bantuan ?

  6. jd ga masalah ni, nah yang saya bingung kok hasil kclonya sedikit, pemutih setengah liter nah udh di rebus, lalu pupuknya ane larutkan, nah pas udh di satuin kok ga ada serbuk/ kristal kclo3 yang jatuh, biasanya kan ada ini ga ada sama sekali, apa ane ngasih pupuk kesidikitan, itu solusinya gmana

  7. ohw jadi kalo pengin ada kristal/serbuk kclo3 banyak kclnya harus banyak gt, nah kan pada saat di larutkan nanti masih ada sisa yg ga larut ana

  8. saya dah coba boos kok belum hasil yaa, cara membuat potasium nitrat, pemutih itu yg beacline biasa djual dwarung2 itu bukan, kok saya rebus pemutihnya gk keluar butiran critalnya cuma ada lumpurnya coklat yaa, tlong djelaskan yg agak detil, makasih mas broo saya tunggu jawabanya

  9. itu karna ngerebusnya terlalu panas dan terlalu lama.makanya pada saat ngerebus pake gelas kaca anti panas.dan ngerebus jangan terlalu
    sedikit pemutihnya harus minimal 500 ml.

  10. Gw mau tanya lg nih. tapi maaf jika 00T tapi gk jauh2 dari ledak meledak dan bakar membakar.

    Tau karbit kan? rumus kimianya CaC2. nah kalau CaC2 + 2H2O = air kapur + gas asetiline.
    Pertanyaanya. apakah gas itu bisa terbakar dalam ruang tertutup kyk kaleng /tabung?
    Setara kan dia punya oksigen tuh.
    Tolong ya.. please…

  11. Mas Mw Tanya nih
    Saya Punya NaCl Buat Ngerubahnya Emang Bisa Di Campur H2O/Air Lalu Di Panaskan Dan Disaring Terus Jadi NaClO3 ?
    #Nanya_Temen

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.