Biologi Biologi Materi Pelajaran SMA universitas

Yang Dimaksud Sistem Sirkulasi

Advertisements

Sistem sirkulasi adalah sistem yang bertindak sebagai transportasi berbagai zat yang masuk dan keluar dalam tubuh. Sistem sirkulasi pada manusia berupa sistem peredaran darah dan sistem limfa. Nah, fungsi pada sistem sirkulasi itu untuk mengangkut berbagai zat dalam tubuh. Perlu diketahui bahwa Sistem sirkulasi pada manusia dibagi menadi dua, yaitu sistem peredaran darah dan sistem limfa

Sistem peredaran darah

Pengertian dari Sistem peredaran darah adalah sistem transportasi yang melibatkan tiga komponen, yaitu darah sebagai medium transportasi, jantung sebagai penompa dan pembuluh darah yaitu sebagai saluran. Sistem peredaran darah manusia bersifat: tertutup karena darah selalu mengalir dalam pembuluh darah. Dan ganda karena darah beredar melewati jantung dua kali. Lalu apa sih yang dimaksud dengan darah itu ?

Darah

Darah adalah jaringan ikat yang terspesialisasi sebagai tempat sel-sel darah dengan matriks cair (plasma darah) dalam bentuk koloid. Dan fungsi darah ini yaitu mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh, mengangkut sari-sari makanan, mengangkut sisa-sisa metabolism,  mengedarkan hormon untuk mengatur fungsi tubuh, mengatur pH dan suhu tubuh dan melawan penyakit.

(Baca juga Larutan elektrolit dalam darah)

Penyusun Jaringan Darah

Darah disusun oleh plasma darah dan sel-sel darah. Kadar pada plasma didalam darah yaitu 55% dan sisanya diisi oleh sel-sel darah.

  1. Plasma darah adalah bagian cair darah, terdiri dari: Air (sekitar 90%) dan  Protein plasma darah, berupa:
  2. Albumin, sebagai osmoregulator.
  3. Globulin, sebagai penghasil antibodi.
  4. Fibrinogen, sebagai pembeku darah.
  5. Antibodi, yaitu zat yang dihasilkan globulin.
  6. Zat makanan dan mineral, seperti glukosa.
  7. Sisa metabolisme, seperti CO2.
  8. Fungsi plasma darah yaitu untuk mengatur tekana osmotik, mengakut sari-sari makanan, mengakut sisa metabolism dan mengedarkan hormone untuk mengatur fungsi tubuh
  9. Penyusun plama darah yaitu :
    1. Serum adalah plasma darah yang tidak mengandung protein plasma fibrinogen.
      1. Antibodi dihasilkan oleh globulin yang berfungsi untuk  mengenali dan mengikat antigen/benda asing tertentu.
  10. Sel-sel darah
  11. Sel  darah merah, atau sebagai eritrosit adalah sel darah yang berwarna merah. Warna merah ini disebabkan oleh andanya kandungan hemoglobin. Hemoglobin  adalah protein pigmen merah darah yang tersusun atas zat protein berupa globin dan zat non-protein berupa hemin yang mengandung zat besi (Fe). Fungsi hemoglobin adalah mengangkut O2 (oksihemoglobin) dan mengangkut CO2 (karbaminohemoglobin.
  12. Leukosit, merupakan sel darah putih. Fungsi adalah melindungi tubuh dari benda asing dan melawan penyakit (antibodi).
  13. Trombosit, atau  kepingan darah adalah sel darah yang terbentuk kepingan dan tidak berinti. Fungsi adalah dalam proses pembekuan darah. 
BACA JUGA  Pemanis.. emmmm(2)
Latest posts by lenaapriyanis (see all)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.