Tak Berkategori

GAYA DAN GERAK DASAR : PERCEPATAN

Advertisements


Gaya adalah sesuatu yang menyebabkan tarikan atau dorongan terhadap suatu benda sehingga menyebabkan benda tersebut berubah bentuk atau berpindah tempat. Alat untuk mengukur besar kecilnya gaya disebut dinamometer, sedangkan satuan gaya dinyatakan dengan Newton atau satuan turunannya adalah kilogramforce (kgf). Oleh karena itu kali ini kita akan membahasa tentang gaya dan gerak.

Sifat-sifat gaya :

  1. Gaya dapat mengubah bentuk benda , contoh : pada waktu kita membuat bermacam macam bentuk benda yang terbuat dari plastisin atau tanah liat dengan ditekan tekan oleh tangan.
  2. Gaya dapat merubah arah suatu benda, Contoh : saat menendang bola dan mengarahkannnya ke gawang.
  3. Gaya biasnya digambarkan dengan sebuah anak panah yang mana arah panah tersebut menyatakan arah gerak. Contoh : benda bergerak kea rah kanan sehingga arah anak panahnya ke kanan.
    Macam macam gaya
  4. Gaya magnet
    Gaya magnet adalah gaya yang ditimbulkan oleh tarik menarik medan magnet.
  5. Gaya gravitasi bumi
    Gaya gravitasi bumi adalah gaya yang terjadi karena gaya tarik benda yang menyebabkan benda benda di bumi memiliki berat.
  6. Gaya Pegas
    Gaya pegas adalah gaya yang terjadi karena kekuatan yang dihasilkan oleh pegas (benda elastic).
  7. Gaya listrik
    Gaya listrik adalah gaya yang dimiliki oleh suatu benda yang memiliki muatan arus listrik untuk menarik atau mengerakkan suatu benda.
  8. Gaya gesek
    Gaya gesek adalah gaya yang terjadi bila dua benda saling bersentuhan.
  9. Gaya mesin
    Gaya mesin adalah tarikan atau dorongan yang disebabkan oleh kerja dari mesin atau alat. Contoh : mesin mobil.
  10. Gaya otot
    Gaya otot adalah tarikan atau dorongan yang disebabkan oleh gaya otot. Contoh : orang menimba air, kerbau membajak sawah.

PERCEPATAN

Percepatan adalah laju perubahan kecepatan suatu benda saat bergerak.[1] Jika kecepatan suatu benda tetap, benda tersebut tidak mengalami percepatan. Percepatan hanya timbul saat kecepatan suatu benda berubah. Jika kecepatan suatu benda berubah secara tetap, percepatan benda tersebut bernilai konstan [2]. Anda dapat menghitung percepatan, yang dinyatakan dalam satuan meter per sekon per sekon, berdasarkan waktu yang dibutuhkan suatu benda untuk mengubah kecepatannya, atau berdasarkan gaya yang diberikan pada benda tersebut.

BACA JUGA  Sistem Koloid : Sifat Sifat Koloid

(Baca juga Mempelajari Gaya Antarmolekul dengan Mudah)


Menghitung percepatan dari gaya

Pahami hukum II Newton tentang Gerak. Hukum II Newton tentang gerak menyatakan bahwa saat gaya yang diberikan pada suatu benda tidak seimbang, benda tersebut akan mengalami percepatan. Percepatan ini ditentukan oleh resultan gaya pada benda, serta massa benda itu sendiri.[6] Percepatan dapat dihitung bila gaya yang diberikan pada benda dan massa benda tersebut diketahui.
• Hukum Newton dapat diterjemahkan ke dalam persamaan Fnet = m x a, dengan Fnet menyatakan resultan gaya pada benda, m massa benda, dan a percepatan pada benda.
• Gunakan satuan metrik saat menggunakan persamaan ini. Gunakan kilogram (kg) sebagai satuan massa, Newton (N) sebagai satuan gaya, dan meter per sekon kuadrat (m/s2) untuk menyatakan percepatan.

Demikian artikel mengenai gaya dan gerak dasar. Semoga artikel ini dapat membantu teman-teman yang sedang mencari jawaban dan ingin menambah pengetahuan.
Terima Kasih, Semoga Bermanfaat.

dirumahaja #mahasiswaproduktif #fisika

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.