Fisika Materi Pelajaran universitas

Sound Level Meter: Alat Mengukur Tekanan Bunyi pada Sumber Bising

Advertisements

Tekanan Bunyi

Tekanan bunyi merupakan perubahan gelombang bunyi saat melewati suatu medium. Tingkat tekanan bunyi diukur dengan skala logaritma dalam suatu decibel (dB). Manusia dapat mendengar tekanan bunyi terendah sebesar 20 µPa. Sedangkan, tekanan bunyi paling tinggi yang dapat menyebabkan sakit di telinga manusia adalah 208 µPa.

Sumber Bising

Sumber bising merupakan bunyi atau suara yang mengganggu dan dapat menyebabkan beberapa dampak buruk bagi indra pendengaran. Klasifikasi sumber-sumber kebisingan dapat dibagi seperti berikut ini:

  1. Bising Indoor (dalam)

Bising Indoor merupakan bising yang berasal dari dalam ruangan atau bising dalam yaitu sumber bising yang bersumber dari manusia, alat-alat rumah tangga, atau mesing-mesin gedung.

2. Bising Outdoor (luar)

Bising Outdoor merupakan bising yang berasal dari luar ruangan atau bising luar yaitu sumber bising yang berasal dari aktivitas lalu lintas, transportasi, industri, alat-alat mekanis yang terlihat dalam gedung, tempat-tempat pembangunan gedung, perbaikan jalan, kegiatan olahraga dan lain-lain diluar ruangan atau gedung.

(baca juga Getaran, Gelombang, dan Bunyi)

Sound Level Meter (SLM)

Tekanan Bunyi
Sumber: Dokumen Pribadi

Standar alat ukur yang digunakan untuk mengukur kebisingan adalah Sound Level Meter (SLM). SLM sendiri merupakan alat ukur dengan basis sistem pengukuran elektronik. Selain itu, SLM dapat menunjukkan tingkat tekanan suara antara 30 dB – 120 dB. SLM dapat mengukur tiga jenis karakter respon frekuensi, yang ditunjukkan dalam skala A, B dan C. Skala A dinyatakan dalam satuan dBA, Skala B dinyatakan dalam satuan dBB dan Skala C dinyatakan dalam satuan dBC. Penilaian tekanan bunyi biasanya dinyatakan dalam skala A yang dinyatakan dalam satuan dBA karena menghasilkan ketepatan penilaian yang cukup baik dan sesuai dengan respon subjektif manusia dewasa.

BACA JUGA  Elektrolisis

Sound Level Meter (SLM) memiliki dua bentuk, yaitu dalam bentuk hardware dan dalam bentuk software (aplikasi). SLM dalam bentuk hardware dapat kalian temukan di toko serbaguna, sedangkan SLM dalam bentuk software (aplikasi) dapat kalian unduh di playstore ataupun appstore. Keduanya memiliki prinsip kerja yang kurang lebih sama, yaitu mengirimkan gelombang suara dari sumber bising melalui microphone SLM (speaker handphone jika SLM dalam bentuk aplikasi) yang kemudian diubah menjadi sinyal elektrik pada display (layar handphone jika SLM dalam bentuk aplikasi). Disitu kalian dapat melihat nilai tingkat kebisingan yang dihasilkan oleh sumber bising.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.