senyawa kimia penting dalam tubuh

Three molecules. This image was originally upl...

Tubuh manusia merupakan suatu rangkaian yang sangat rumit dan komplek. Manusia dapat mencerna berbagai makanan, melakukan berbagai hal, mendpat berbagai macam penyakit. semuanya berbeda beda.

jika dibandingkan dengan robot yang paling canggih sekalipun. kompleksitas tubuh manusia tetaplah jauh lebih rumit.
namun hanya ada beberapa senyawa utama yang perlu kita ketahui.
meskipun yang lain tak kalah pentingnya, senyawa yang kita bahas ini merupakan siklus inti dalam tubuh manusia. Senyawa penting dalam tubuh manusia tersebut ialah:
1.protein, protein merupakan kumpulan dari asam amino yang kemudian mempunyai fungsi tertentu. protein ini dalam tubuh sebagai penyusun otot atau lebih umumnya kita sebut daging. oleh karena itu saat membentuk otot kita sangat disarankan untuk mengkonsumsi makanan berprotein tinggi.

2. Karbohidrat , senyawa karbohidrat yang  merupakan molekul utama yang digunakan sebagai sumber energi dan biasanya terdapat dalam makanan pokok kita. berbagai gula dan perasa manis alami merupakan karbohidrat namun berbeda beda jenisnya. misalnya dari nasi kita akan mendapat glukosa, dari sirup ada fruktosa. namun yang umumnya dipakai dalam metabolisme adalah glukosa. Jadi senyawa karbohidrat lain tentunya akan dirubah terlebih dahulu.

3.Lemak, banyak yang berpikir buruk tentanng lemak. menganggap yang low fat atau non-fat ialah terbaik. padahal tidak demikian. Lemak diperlukan dalam metabolisme tubuh, cadangan energi, menjaga kesehatan rambut, kulit dan lain lain. memang jika mengkonsumsi terlalu banyak lemak dan kita tak menggunakan energi(baca:beraktifitas) , maka lemak akan ditimbun sebagai cadangan energi.

4.Vitamin, suatu nutrisi yang vital dan banyak dijual sebagai suplemen ini memang sangaat berperan bagi tubuh. ada Vitamin A, B, C, D, E yang memiliki fungsi yang berbeda beda. Namun jika kelebihan vitamin akan terjadi suatu efek negatif juga. Vitamin dalam tubuh dapat berfungsi sebagai kofaktor, koenzim, dan anti-oksidan.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.