Skip to content
Iklan

Mengapa Kita Perlu Mendaur Ulang Plastik?


Plastic-recycling

Apakah Anda tahu bahwa setiap ton botol plastik yang didaur ulang dapat menghemat 3,8 barel minyak? Industri plastik menyadari lebih dari 20 tahun yang lalu bahwa daur ulang plastik adalah usaha yang ramah lingkungan. Kembali pada tahun 1988 dimana produsen plastik meminta SPI yang merupakan sebuah industri plastik di Amerika untuk membuat sistem penomoran resin dan membantu memperbaiki lingkungan global dan melestarikan sumber daya alam kita dengan menyortir  dan mendaur ulang plastik.

Untuk memulai proses daur ulang, periksakan dengan pemeritah daerah setempat agar dapat mengetahui jenis plastik yang akan diterima di pusat daur ulang setempat. Dalam kebanyakan kasus, berbagai jenis plastik harus didaur ulang secara terpisah sehingga bahan daur ulang memiliki nilai yang lebih dan berpotensi untuk masa depan. Angka-angka yang terdapat pada wadah plastik bisa membantu konsumen dan pusat daur ulang untuk mengenali jenis plastik tersebut.

Kemungkinan besar komunitas saat ini mengumpulkan botol plastik dan wadah lainnya dengan label kode 1 atau 2. Perlu diketahui ternyata 96 persen dari semua botol plastik dan wadah yang digunakan di negara kita juga terpapar di seluruh dunia, termasuk di Amerika Serikat. Perlahan-lahan, beberapa kota di seluruh negeri berinvestasi dalam teknologi untuk memilah dan menerima wadah plastik dengan beberapa nomor kode lain.

Setelah melalui proses daur ulang, botol dan wadah yang digunakan dapat menghasilkan berbagai produk baru seperti karpet, jaket bulu, kaos dan lain sebagainya. Masih banyak keuntungan dari daur ulang daripada Anda hanya sekedar membuangnya di tempat sampah ataupun malah di sungai yang akan berdampak buruk bagi lingkungan.

Sumber : plasticsindustry.org

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: