Skip to content
Iklan

Cara Membuat Pelangi


Self made rainbow, made in home garden.

Self made rainbow, made in home garden. (Photo credit: Wikipedia)

siapa yang tidak tau tentang pelangi. Tumpukan warna indah yang terlihat di langit sesudah hujan akibat pembiasan cahaya berulang akibat butiran butiran air di langit. Kira – kira begitu bahasa simpelnya, kalau bahasa

rumitnya dalam pembentukan pelangi yaitu, Cahaya matahari adalah cahaya polikromatik (terdiri dari banyak warna). Warna putih cahaya matahari sebenarnya adalah gabungan dari berbagai cahaya dengan panjang gelombang yang berbeda-beda. Mata manusia sanggup mencerap paling tidak tujuh warna yang dikandung cahaya matahari, yang akan terlihat pada pelangi: merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu.

Panjang gelombang cahaya ini membentuk pita garis-garis paralel, tiap warna bernuansa dengan warna di sebelahnya. Pita ini disebut spektrum. Di dalam spektrum, garis merah selalu berada pada salah satu sisi dan biru serta ungu di sisi lain, dan ini ditentukan oleh perbedaan panjang gelombang.

Pelangi tidak lain adalah busur spektrum besar yang terjadi karena pembiasan cahaya matahari oleh butir-butir air. Ketika cahaya matahari melewati butiran air, ia membias seperti ketika melalui prisma kaca. Jadi di dalam tetesan air, kita sudah mendapatkan warna yang berbeda memanjang dari satu sisi ke sisi tetesan air lainnya. Beberapa dari cahaya berwarna ini kemudian dipantulkan dari sisi yang jauh pada tetesan air, kembali dan keluar lagi dari tetesan air.

Cahaya keluar kembali dari tetesan air ke arah yang berbeda, tergantung pada warnanya. Warna-warna pada pelangi ini tersusun dengan merah di paling atas dan ungu di paling bawah pelangi.

Pelangi hanya dapat dilihat saat hujan bersamaan dengan matahari bersinar, tapi dari sisi yang berlawanan dengan si pengamat. Posisi si pengamat harus berada di antara matahari dan tetesan air dengan matahari dibekalang orang tersebut. Matahari, mata si pengamat dan pusat busur pelangi harus berada dalam satu garis lurus.

Jadi sebenarnya cahaya matahari itu terdiri dari banyak warna (mejikuhibiniu), tetapi semuanya bercampur menjadi putih. dan akan terbiaskan kembali setelah melewati butiran air yang sangat banyak.

Unuk membuat pelangi sendiri. yang diperlukan adalah :

  1. Cahaya Matahari
  2. penyemprot Air

Yah, hanya itu saja. jadi ketika siang hari atau ada cahaya matahari, semprotkan air biasa dengan spray atau selang. nanti kita bisa melihat pelangi. gak percaya? silahkan dicoba ya teman – teman.

dan ada juga membuat pelangi api. bisa dilihat disini

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: