Fisika Materi Pelajaran SMA

ADA PELANGI DI BOLA MATAMU : pembentukan pelangi

Advertisements

Hayoo.. pasti sambil nyanyi ya bacanya? ..hihi
Pastinya sudah tak asing lagi, penggalan lirik dari lagu Jamrud yang berjudul Pelangi di matamu.

Kali ini saya tidak akan bahas tentang lagu, bedah lirik atau semacamnya. Saya akan membahas salah satu kata dari penggalan lirik tersebut. Yaitu kata, “Pelangi”.

pelangi
sumber : wattpad.com

Setelah hujan terjadi terkadang kamu melihat lengkungan cahaya di langit yang terdiri dari berbagai warna atau yang biasa kita sebut sebagai pelangi.

Apasih pelangi itu?

Dikutip dari www.wikipedia.com , pelangi adalah fenomena meteorologi yang disebabkan oleh refleksi, refraksi, dan difraksi cahaya dalam tetesan air yang menghasilkan spektrum cahaya yang muncul di langit.

Siapa yang belum tahu, ada berapa warna pelangi?
Ya, pelangi tersusun dari tumpukan 7 warna. Diantaranya, merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila dan ungu atau biasa disingkat mejikuhibiniu.

Lalu, bagaimana dengan proses pembentukan pelangi?

Yuk simak pembahasan berikut!

Proses pembentukan pelangi, diantaranya :


• Pembiasan Sinar Matahari

Pelangi muncul disebabkan oleh pembelokan atau pembiasan cahaya matahari yang terjadi di atmosfer bumi, dimana cahaya matahari sebelum masuk ke permukaan bumi akan ditahan melalui atmosfer. Lapisan atmosfer ini yang menahan cahaya matahari dari medium satu menuju medium yang lainnya, dan kemudian sinar matahari tersebut masuk ke titik-titik air hujan

• Presipitasi Air Hujan

Ketika cahaya matahari tertahan oleh lapisan atmosfer, agar sinar matahari dapat menuju permukaan bumi dengan melalui presipitasi air hujan. Presipitasi air hujan adalah jumlah titik–titik air hujan yang akan masuk ke permukaan bumi. Namun titik-titik air hujan tersebut tidak dapat turun dengan lurus ke bawah, yang akhirnya membuat cahaya matahari yang terbawa ikut dibelokkan oleh presipitasi air hujan.Pembelokan cahaya matahari oleh presipitasi air hujan mengakibatkan dampak warna cahaya matahari yang telah berkumpul menjadi satuan warna putih akan terpisah antara satu warna dengan warna lainnya dan akhirnya terbentuklah pembiasan cahaya menjadi warna warna merah jingga kuning hijau biru nila dan ungu.

BACA JUGA  Pantulan suatu Cahaya (Sifat cahaya : polarisasi)

• Cahaya yang Dibelokkan

Setelah cahaya sudah terkumpul menjadi satuan warna, yaitu warna putih, tetapi warna tersebut hanya bertahan pada saat cahaya matahari masih tertahan pada lapisan atmosfer. Setelah itu warna tersebut akan menyebar menjadi tujuh warna dikarenakan pembelokkan sudut dan menjadikan tujuh warna indah pada pelangi. Inilah sebabnya pelangi berbentuk seperti busur.

• Terbentuknya Warna Pelangi


Pelangi yang awalnya terbentuk dari perputaran warna matahari yang terlihat putih akhirnya berubah menjadi tujuh warna dasar yang merupakan warna awal dari cahaya matahari. Warna yang pertama kali dibelokkan oleh cahaya pelangi adalah warna ungu, sedangkan pembelokkan cahaya matahari oleh presipitasi air hujan yang terakhir adalah warna merah. Hal ini berbanding terbalik pada penyebutan warna warna merah jingga kuning hijau biru nila dan ungu pada pelangi

Nah, itu dia proses pembentukan pelangi. Sekarang teman-teman tidak hanya sekadar melihat adanya pelangi tetapi juga tahu bagaimana proses pembentukannya.

Demikian artikel mengenai pembentukan pelangi. Semoga artikel ini dapat membantu teman-teman yang sedang mencari jawaban dan ingin menambah pengetahuan.
Terima Kasih, Semoga Bermanfaat.

#dirumahaja #mahasiswaproduktif #fisika

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.