Skip to content
Iklan

Materi dan Klasifikasinya


Kimia adalah cabang ilmu yang mempelajari materi, struktur, sifat-sifatnya dan perubahan materi serta energi yang terlibat didalamnya. Materi didefinisikan sebagai setiap benda yang menempati ruang dan memiliki massa.
Materi sendiri digolongkan menjadi beberapa golongan lagi seperti pada gambar.

Materi dibagi 2 yaitu zat murni dan campuran.
Zat murni hanya terdiri dari suatu zat saja, zat murni dibagi 2 menjadi unsur dan senyawa. unsur ialah zat dalam bentuk atom, seperti yang kita lihat di tabel periodik. ada Na, Li, Cl, F, I, dan sbagainya.
Senyawa ialah sebuah gabungan dari Unsur yang menjadi sebuah kesatuan baru dengan sifat yang baru pula, misalnya NH3 , HCl,dll.
(Baca Juga Artikel macam macam pemisahan campuran)
Campuran dibagi menjadi 2 juga yaitu Homogen dan Heterogen. Homogen ialah campuran dari beberapa unsur atau senyawa yang sifatnya stabil misalnya ketika kita membuat air gula dan air garam, campuran tersebut merupakan  campuran homogen. sedangkan heterogen ialah campuran yang sifat partikel terlarutnya besar atau bahkan tak bisa melarut. contohnya campuran air dengan pasir.
Banyak benda di sekitar kita yang dapat klasifikasikan sendiri. cobalah menggolongan benda di sekitar anda. belajarlah dengan menyenangkan.
Iklan

1 Komentar »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: