Prospek Kerja Kimia

Pekerjaan biasanya merupakan suatu hal yang sangat dipertanyaan jika kita memilih suatu jurusan di perkuliahan untuk menentukan bahwa jurusan tersebut dapat mengantarkan pada pekerjaan yang sesuai dengan pilihan

Industry smoke.
Industry smoke. (Photo credit: Wikipedia)

hati atau tidak, namun yang biasa kita dengar hanyalah mitos atau komentar tidak bermutu dari orang yang tidak tahu apa apa tentang jurusan kita. Anehnya kita pun jadi terpengaruh. Bagaimana bisa? coba dipikirkan. Kalau kita tidak mengetahui isi sesuatu bagaimana kita tahu manfaat dari sesuatu itu.

Langsung saja, Kimia itu sangatlah luas pengaplikasiannya. Dari hal sederhana sampailah yang sangat rumit, maka wajar saja bila orang cuma tau guru saja. bukannya jelek jadi guru, tapi tak semua orang ingin menjadi guru. Berikut ialah prospeknya :

  1. Industri , Inilah merupakan bidang yang sangat luas atau cocok dengan kimia. hampir semua industri memerlukannya. contohnya saja, makanan, minuman, Minyak(Perminyakan jelas jelas Kimia sudah ahlinya, jangan terkecoh untuk harus mengambil jurusan perminyakan yang spesifik jika mau ke bagian ini), Perlengkapan Mandi, Logam, dll. pada industri tentu saja semua bahan campuran produknya itu memerlukan campuran bahan kimia yang tidak sederhana. lihat saja komposisi makanan kemasan yang kalian lihat. Orang kimia sebagai pengembang produk, teknisi, Quality Control, dll.
  2. Pengusaha, yah pengusaha merupakan hak semua orang. tetapi untuk orang kimia inilah kesempatan yang sangat besar. orang kimia memiliki pengetahuan membuat berbagai macam produk dan bagaimana produk yang bagus. sederhana saja, misalnya bagaimana membuat minyak angin dari berbagai bahan alam, membuat suplemen makan karena tahu bagaimana mengisolasi senyawa dari bahan alam seperti buah dan sayuran, membuat campuran bahan karet yang bagus sesuai karakteristik, dll. semuanya dipelajari dikimia.
  3. Guru dan Dosen, tentu saja pekerjaan ini yang hanya banyak diketahui olleh banyak orang. Pekerjaan mengajar merupakan hal yang mulia karena dapat berbagi ilmu dan memdapatkan pahala yang banyak, sangat bagus.
  4. PNS, banyak pula di bagian pemerintahan
    yang membutuhkan orang kimia misalnya BPMIGAS, BNN, DLL
  5. BANK, semuanya tahu berbagai jurusan kadang bisa berujung di Bank. Tapi disana kita masih dapat menggunakan keahlian kita. misalnya ada nasabah yang ingin mengutang dari bank untuk mendirikan perusahaan di bidang kimia, kita dapat meninjaunya apakah Layak atau ada keganjilan dalam proposalnya.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.