Skip to content
Iklan

Mengenal Bilirubin Pada Bayi(2)


​Setelah membaca artikel sebelumnya tentang bilirubin pada bayi. Pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana bila diketahui bayi kita memiliki nilai bilirubin yang tinggi? Pemeriksaan bilirubin dilakukan di laboratorium rumah sakit dengan darah bayi sebagai sampel.

Sebelum membahas penanganannya, terlebih dahulu kita lihat berbagai resiko yang mungkin terjadi akibat bilirubin yang tinggi. Apa saja ya?

  1. Kejang

Dampak ringan yang akan menimpa bayi yang mengalami penyakit kuning patologis adalah bayi akan mengalami kejang. Hal itu disebabkan oleh kadar bilirubin di dalam tubuh yang tinggi dan menyerang sistem kekebalan tubuh bayi tersebut. Reaksi yang akan ditimbulkan adalah step atau kejang pada tubuh bayi.

  1. Merusak Sel-Sel Otak

Bahaya bayi kuning adalah kadar bilirubin yang berlebihan bisa masuk ke dalam sel-sel otak bayi dan merusak sel-sel otak bayi. Sel otak merupakan sel yang sangat penting sebab sel otak tersebut membawahi sel-sel yang ada di dalamnya. Akibatnya adalah organ yang dibawahi otak akan menjadi terganggu.

  1. Meracuni Otak

Bahaya bayi kuning karena kadar bilirubin yang terlalu banyak di dalam tubuh bayi justru bisa meracuni otak bayi. Jika otak teracuni, sel otak tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Berbagai macam penyakit otak bisa muncul jika kadar bilirubin terus dibiarkan tinggi berada di dalam tubuh bayi.
Pemeran utama dari penyembuhan bilirubin adalah ASI itu sendiri. Oleh karena itu, memperbanyak ASI akan membantu memecah sel darah merah sehingga nilai bulirubin dapat menurun. Kemudian jemur pada matahari pagi sebelum jam 9 dengan tujuan bayi berkeringat sehingga menjadi haus. Jika bayi malas menyusu,bangunkan paksa,mereka butuh banyak ASI,karena bayi kuning berefek pada malas nyusu.Tidak hanya anak, ibu juga harus dalam keadaan nyaman dan terhindar dari stres. Sehingga dampak positif akan memperbanyak ASI.  Pastikan Ibu cukup istirahat agar tetap terjaga staminanya. Ibu perbanyak asupan cair, agar asi terus deras.

Usaha lainnya adalah menghindari bayi dari wangi-wangian terutama kapur barus. Pewangi juga nemicu kuning pada bayi.  

Wow sebegitu hebatnyakah manfaat ASI untuk bayi! Apa saja ya kandungan dalam ASI? Next artikel akan dibahas lagi ya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: