Apa Saja Zat Aktif pada Obat Kumur?


​Bagaimana cara kalian membersihkan mulut? Dengan menggosok gigi teratur? Atau ditambah berkumur setelah menggosok gigi?

Apa ya kegunaan obat kumur?

Ketika anda tidur, aliran air liur anda menjadi melambat, sehingga bakteri yang berada didalam mulut, yang menyebabkan terbentuknya plak dan ginggivitis , akan bekerja sepanjang malam.

Oleh karena itu kenapa ketika kalian bangun pagi harinya anda akan merasakan bau mulut menjadi kecut.

Obat kumur/ mouthwash mengandung bahan aktif yang mampu untuk membunuh bakteri dan mencegah bakteri untuk melekat pada gigi kalian.
Apa saja zat aktif yang terkandung pada obat kumur?

‌Antiplaque  akan melepaskan plak dari permukaan gigi dan plak yang terdapat diatas garis gusi.

‌Antimikroba sebagai contoh :cetylpyridinium chloride,chlorhexidine, sanguinarine,phenolic compounds). Obat kumur dengan jenis ini membantu untuk mengurangi jumlah bakteri yang berada didalam rongga mulut.

‌Deodorizing dan oxidizing agents sebagai conotoh :sodium bicarbonate danchlorine dioxide dioxide dioxide, kandungan bahan jenis ini membantu menutupi dan menetralkan bau mulut.

‌Oxygenating agents (sebagai contoh : hydrogen peroxide). Membantu untuk membunuh kuman anaerob yang tidak senang dengan oksigen , bahan ini memberikan oksigenasi pada tempat yang terdapat kuman antioksigen tersebut.

‌Fluoride. Memperkuat dan mencegah kerusakan gigi. Obat kumur yang mengandung Fluoride akan mampu untuk melawan kerusakan pada gigi dengan cara meningkatkan kekerasan lapisan luar enamel ( mahkota gigi ).Astringents (sebagai contoh :citric acid, zinc chloride). Bahan ini memberikan rasa yang enak dan mengerutkan jaringan rongga mulut.

‌Bahan penghilang nyeri(anodynes). Obat kumur ini memberikan penghilang nyeri bila diaplikasikan pada mulut.

‌Buffering agents. Bahan ini menghilangkan nyeri pada jaringan lunak rongga mulut dan memecah lapisan yang terbentuk pada rongga mulut.

‌Antitartar (e.g., zinc citrate) agents.Menghilangkan tartar yang terbentuk didalam rongga mulut.Bahan yang bersifat tidak aktif berfungsi untuk melarutkan bahan aktif yang tersebut diatas dan mempertahankan kandungan bahan aktifnya, sebagai contoh alkohol, sebagaian besar obat kumur mengandung alkohol ini sebagai bahan yang tidak aktif.

Bagaimana?tertarik menggunakannya?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s