Biosintesis protein


Kita sudah bahas di artikel sembelumnya tentang gambaran umum protein, nah bagaimana sih proses pembuatan protein di dalam tubuh, atau bisa kita sebut proses biosintesi, simak yuk? 🙂

Protein biosintesis adalah proses dimana sel menghasilkan baru protein ; itu seimbang dengan hilangnya protein seluler melalui degradasi atau ekspor. Translation, perakitan asam amino oleh ribosom , merupakan bagian penting dari jalur biosintesis, bersama dengan generasi messenger RNA (mRNA), aminoacylation dari transfer RNA (tRNA) , co-translasi transportasi, dan pasca-translasi modifikasi . Protein biosintesis diatur secara ketat di beberapa langkah. Mereka terutama selama transkripsi (fenomena sintesis RNA dari template DNA) dan terjemahan (fenomena perakitan asam amino dari RNA).

cistron DNA ditranskripsi menjadi berbagai RNA intermediet. Versi terakhir digunakan sebagai template dalam sintesis dari polipeptida rantai. Protein akan sering disintesis langsung dari gen oleh menerjemahkan mRNA . Ketika protein harus tersedia dalam waktu singkat atau dalam jumlah besar, prekursor protein diproduksi. Sebuah proprotein adalah protein aktif yang mengandung satu atau lebih peptida penghambat yang dapat diaktifkan ketika urutan penghambatan dihapus oleh proteolisis selama modifikasi pasca-translasi . Sebuah preprotein adalah bentuk yang berisi urutan sinyal (N-terminal signal peptida ) yang menentukan penyisipan ke dalam atau melalui membran, yaitu, menargetkan mereka untuk sekresi. The peptida sinyal dibelah off di retikulum endoplasma . Preproproteins memiliki keduanya urutan (penghambatan dan sinyal) masih ada.

Dalam sintesis protein, suksesi tRNA molekul RNA didakwa sesuai asam amino dibawa bersama-sama dengan molekul mRNA dan dicocokkan dengan basis-pasangan melalui anti-kodon dari tRNA dengan kodon berturut-turut dari mRNA. Asam amino kemudian dihubungkan bersama untuk memperpanjang rantai protein tumbuh, dan tRNA, tidak lagi membawa asam amino, yang dirilis. Kompleks ini proses dilakukan oleh ribosom , yang terbentuk dari dua rantai utama RNA, yang disebut ribosom RNA ( rRNA ), dan lebih dari 50 protein yang berbeda. Ribosom mengait pada akhir molekul mRNA dan bergerak sepanjang itu, menangkap molekul tRNA dimuat dan bergabung bersama asam amino untuk membentuk rantai protein baru.

Protein biosintesis, meskipun sangat mirip, berbeda untuk prokariota dan eukariota .

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s