Skip to content
Iklan

Lapisan tanah


https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcRBb24s4DaYrRRhFiydm02beCYpIAcsPqdNnVOnm0PsMt4tkHq_

Tanah umumnya mempunyai struktur yang lepas dan mengandung bahan-bahan padat, zat-zat organik, air, dan rongga-rongga udara. Bagian-bagian mineral dari tanah dibentuk oleh batuan induk dengan proses-proses pelapukan fisik, kimia dan biologis.
Jenis-jenis tanah tertentu mempunyai lapisan-lapisan yang berbeda bila tanah itu semakin ke dalam. Lapisan-lapisan ini disebut horison.
Ada yang bisa sebutkan lapisan apa saja dalam tanah? Oke, kita lihat satu persatu.


1. Horisan O
Horison O adalah Lapisan tanah paling atas, dicirikan oleh lapisan tanah yang subur karena  mengandung  bahan organik. Lapisan ini terdiri atas bagian-bagian yang masih utuh dan sebagiannya lagi telah terdekomposisi. Horizon O Merupakan horizon organik yang mengandung bahan organik > 20% pada seluruh penampang tanah.(sumber)
Horizon O terbagi lagi menjadi dua yaitu horizon O1 yang terbentuk dari sisa sia tanaman yang masih terlihat berupa guguran bunga dan daun ataupun ranting pohon sedangkan horizon O2 terletak dibawah O1 yang terbentuk dari sisa sisa jasad bagian tanaman yang sudah tidak terlihat atau berbentuk lagi karena sudah mengalami pelapukan lanjutan.

2. Horizon A
Lapisan ini berada di bawah horison O dan di atas horison E. Benih-benih tanaman dan  akar-akar tumbuhan terlihat pada lapisan ini. Lapisan ini mempunyai ciri berwarna gelap yang terdiri dari humus dan campuran partikel mineral. Bahan  organik  akan terhumifikasi  dan bercampur  dengan  bahan mineral,  sehingga akan memperlihatkan konsistensi struktur  yang  berbeda dengan horizon yang berada langsung dibawahnya.
Horizon A juga disebut sebagai horizon pencucian bahan organik dan terbagi menjadi 3 bagian lagi meliputi:

A1 merupakan horizon yang menjadi tempat pencampuran bahan organik dan mineral tanah. Karena masih kaya akan bahan organik sehingga masih berwarna gelap. Bahan organik pada horizon A1 ini membentuk partikel khas atau bahan organik yang menyelimuti mineral.A2 merupakan horizon yang dikenal sebagai zona pencucian atau eluviasi, pada lapisan ini bahan organik akan tercuci secama maksimal seperti kation organik dan unsur seperti besi, mangan, aluminium atau zat basa lainnya telah tercuci sehingga hanya menyisahkan bahan resisten yang bersifat kasar seperti kuarsa dan hal ini menyebabkan warna horizon A2 terang, memiliki tekstur kasar dan struktur lebih longgar daripada lapisan lain.A3 merupakan horizon peralihan antara A ke B atau C, memiliki warna yang hampir sama dengan A2. Namun sering terjadi kondisi peralihan yang kurang jelas karena hanya memberikan tanda dan warna, oleh karena itu horizon A3 sering disebut horizon AB jika beralih ke horizon B, atau disebut AC jika  langsung beralih ke C.

Masih ada horison E, B, C dan R ya? Ditunggu kelanjutaannya ya!

Iklan

1 Komentar »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: