Total Organik Karbon


https://encrypted-tbn3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcSURYWN3NFYuu17EXIZniZg1WNZJ5jXEtBXeIEW74TwIKv9N0WveQ

Air yang digunakan dalam suatu industri (terutama industri farmasi) harus terbebas dari zat reaktif yang berbahaya. Proses pemurnian dasar dari air melalui filtrasi, destilasi, penyinaran sinar UV dan lain sebagainya merupakan contoh proses untuk mendapatkan kualitas air seperti yang diinginkan.


Saah satuh parameter yang diperhatikan yaitu total organik karbon (TOC).
Apakah TOC itu?
Total Organik Karbon didefinisikan sebagai jumlah karbon yang terikat dalam senyawa organik yang terkandung di dalam air itu sendiri. Selama beberapa tahun terakhir, Analisis terhadap Total Organik Karbon (TOC) merupakan teknik analisa yang bisa dikatakan paling baik untuk mengetahui kualitas suatu air.
Darimanakah sumber TOC?
TOC dalam sumber air berasal dari pembusukan bahan organik alami (NOM : natural organic matter) dan dari sintetis sumber. Humik asam, fulvic asam, amina, dan urea merupakan jenis NOM. Deterjen, pestisida, pupuk, herbisida, kimia industri, dan diklorinasi organik adalah contoh sumber sintetis.
Bagaimanakah cara mengukur TOC dalam air?
TOC dalam air dapat diukur menggunakan instrument TOC analyze atau dapat juga ditetapkan secara titrimetri dengan bantuan KMnO4.
Kehadiran karbon organik total dalam air dapat ditentukan dengan mengukur angka permanganat. Angka permanganat adalah banyaknya jumlah mg/L KMnO4  yang diperlukan untuk mengoksidasi zat organik yang terkandung dalam satu liter sampel air dengan dididihkan selama 10 menit. Penentuan zat organik dengan cara oksidasi dapat dilakukan dalam suasana asam atau basa.

Metode yang digunakan untuk menentukan angka permanganat adalah dengan mengoksidasikan zat organik dalam air limbah dengan larutan baku KMnO4 0.01N kemudian sisa dari KMnO4 0.01 N ini akan direduksi oleh asam oksalat berlebih. Kelebihan asam oksalat dititrasi kembali dengan KMnO4 sampai titik akhir berwarna merah muda seulas.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s