Lebih Sehat Jus Apel atau Apel?

Siapa yang tidak tahu apel? Seluruh orang pasti tahu buah yang satu ini, apalagi hampir semua buah-buahan itu menyehatkan. Namun, bukan berarti buah apel itu sehat dalam bentuk apapun. Contohnya adalah dibuat jus, gizi yang terdapat pada apel akan semakin berkurang ketika dibuat menjadi jus dibandingkan ketika masih menjadi apel utuh.

Memang pada dasarnya apel mengandung sejumlah nutrisi, namun ketika dibuat menjadi jus kalori dan gula yang terdapat pada jus apel tersebut malah membahayakan bagi penderita diabetes maupun untuk kesehatan gigi.

Mengapa jus apel membahayakan bagi kesehatan? Untuk itu, mari kita simak apa dampak jus apel yang awalnya menyehatkan malah berdampak sebaliknya.

1. Berat badan bertambah

Jus apel dapat mengakibatkan berat badan bertambah sebab kadar gula maupun kalorinya tinggi. Para  ahli menyarankan bila ingin menurunkan berat badan lebih baik tidak boleh memasukkan jus apel sebagai salah satu daftar menu diet.

2. Kadar gula darah meningkat.

Kandungan karbohidrat termasuk gula yang berada di dalam jus apel memiliki jumlah yang lebih tinggi dibandingkan gula yang terdapat pada susu. Untuk itu, Anda tidak perlu menambahkan gula pasir maupun pemanis buatan ke dalam jus apel sebab dapat dipastikan kadar gula darah akan meningkat dan cukup berbahaya bagi penderita diabetes.

3. Dapat merusak kesehatan gigi

Dengan kandungan gula maupun kalori yang tinggi di dalam jus apel memungkinkan untuk mengacaukan diet seseorang serta tidak baik untuk jantung sebab ia juga mengandung arsenik yang berdampak buruk bagi tubuh.

4. Menggunakan pemanis yang berbahaya

Tidak sedikit dari mereka malah membeli jus apel dalam kemasan,hal itu akan berdampak buruk bagi kesehatan jika dilakukan terus menerus sebab selain pemanis buatan jus apel juga mengandung bahan pengawet agar tetap segar.

Maka dari itu, para ahli menyimpulkan untuk mengonsumsi secara langsung dalam bentuk buah segar sebagai cara terbaik untuk mengonsumsi buah apel. Ditambah lagi, kita juga tidak perlu repot-repot untuk mengubahnya menjadi jus dan menghemat tenaga.

Sumber : detik.com

3 thoughts on “Lebih Sehat Jus Apel atau Apel?

  1. Mantep nih infonya. tapi saya ada yang ga ngerti. kenapa kalo jus apel, kalorinya jadi bertambah? darimana? atau maksudnya itu dari gulanya ya? berarti kalo ga ditambah gula gapapa ya?

    1. Ya, memang kalori tersebut berasal dari gula tambahan sebab biasanya kita memblender apel dan menambahkannya dengan gula. Tapi tetap saja apel yang sudah diblender akan berkurang zat gizinya daripada apel utuh.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.