Katanya sih, Air dapat menghantarkan listrik dengan baik

English: Etrusca Mineral Water
English: Etrusca Mineral Water (Photo credit: Wikipedia)

kalau ada listrik terus ada air, pasti yang ada di pikiran kita berarti hati – hati dan menyingkir. karena air dapat menghantarkan listrik sehingga kita akan tersetrum kalau dekat dekat.

oohh, berarti benar ya kalo air dapat menghantarkan listrik dengan baik?

yaa jawabannya bisa benar, bisa salah. sebelumnya kita telah mengenal adanya air mineral. air mineral berbeda dengan air biasa. air mineral mengandung mineral-mineral anorganik seperti besi, kadmium, kalsium dan beberapa ion lainnya. sedangkan air murni ialah air yang murni H2O. namun pada H2O juga akan terjadi dissosiasi :

2H2O ↔ H3O+ + OH

berati kedua macam air tersebut sama-sama memiliki ion. Jadi, air murni dan air mineral memiliki kemampuan untuk menghantarkan listrik.

tadi katanya jawabannya ada yang benar dan salah, tapi kenapa sekarang keduanya bisa menghantarkan listrik?

Mari kita perhatikan lagi pertanyaannya. ada kata “dengan baik”  dibelakang pertanyaannya. jawaban yang salah ialah air murni. karena air murni hanya dapat menghantarkan listrik dengan sedikit. dan kenapa bisa demikian? ion-ion memiliki kemampuan mengahntarkan listrik karena terdapat pergerakan elektron yang dapat menjembatani listrik untuk bergerak.

Perumpamaan : saat kita ingin melintasi sebuah sungai dan kita tak bisa berenang. akan dibutuhkan batuan batuan yang dapat digunakan sebagai pijakan. yah pada cerita tersebut, kita adalah listrik dan batuan tersebut ialah ion – ion yang ada dalam air. pada air ledeng, air sungai dan air laut memiliki jauh lebih banyak ion ion sehingga kemampuannya pun jauh lebih baik sebagai penghantar listrik.

14 thoughts on “Katanya sih, Air dapat menghantarkan listrik dengan baik

  1. ada pertanyaan nih gan, ini jadi polemik berat bagi saya. mana yg lebih baik untuk kita konsumsi, air mineral atau h2o/murni. apa yg di maksud flow dalam air gan? tx ilmunya gan?

    1. Terima kasih pertanyaannya

      Sebenarnya ada perdebatan pula para ahli. Dari WHO mengatakan bahwa air mineral lebih baik karena tubuh kita membutuhkan mineral. Tapi beberapa ahli kesehatan jga mengatakan bahwa tubuh kita tidak bisa mengambil mineral dari minuman. Karena itu saya juga tak bisa mengatakan yg mana yg lebih baik. Yg penting kita harus menjaga kebersihan air mnum kita agar tetap sehat.
      Flow dalam air? Maaf saya blm pernah dengar. Apa mksdnya aliran(flow) dalam air?

    1. Kalau masalah itu masih perdebatan antara ilmuwan mas. Ada yang bilang kalau air mineral itu baik karena tubuh kita perlu mineral. Ada juga yang bilang kalau mineral dari air itu kita tidak bisa di serap. Jdi tidak baik. Lebih baik air murni. Karena keduanya pendapat dari ahlinya. Saya sendiri blum bisa memutuskan yang mana yang lebih baik

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.