Minum air putih bisa menyebabkan kematian. benarkah?

The Runner.
The Runner. (Photo credit: Wikipedia)

Kita sering mendengar atau disuruh untuk minum air putih minimal 8 gelas per hari atau perbanyaklah minum air putih untuk kesehatan. bener ga sih? ya. tentu saja hal tersebut benar, karea air sangat penting bagi tubuh manusia, lebih dari 50% tubuh terdiri dari air sehingga untuk menjaga agar tubuh tak kekurangan air kita harus tetap menjaga asupan air. selain itu minum air yang cukup dapat memperlancar metabolisme serta menjaga ginjal agar tetap sehat. sangat dianjurkan pula minum air putih setelah bangun tidur untuk pembersihan ginjal.

Dari semua hal diatas, mungkin judul ini membingungangkan mengingat pentingnya air bagi tubuh. ingatlah sebuah kalimat “semua yang berlebihan itu tidak baik” begitu juga dengan air. kita perlu tahu bahwa dalam tubuh manusia ini terdapat sangat banyak senyawa lain dalam tubuh termasuk ion ion yang bermacam macam tugasnya mulai dari metabolisme hingga untuk kerja saraf dan organ organ.

Saat melakukan kerja dan aktivitas, senyawa senyawa tersebut akan terpakai dan konsentrasinya menurun. Contohnya natrium yang perperan dalam sistem saraf memiliki kandungan minimum yang diperlukan yaitu 135nM(milliMolar) dalam darah. ketika telalu banyak keringat keluar dan kadar natrium turun hingga 125mM akan timbul perasaan pusing dan sakit kepala. jika kadarnya turun lagi maka akan terjadi pembengkakan otak yang dapat menyebabkan kematian. Jadi ketika anda melakukan kerja berat dan berkeringat sangat banyak, janganlah minum air terlalu banyak karena air tidak mengandung cukup ion ion untuk mengganti ion yang hilang. sebagai gantinya minumlah minuman isotonik yang dapat mengganti ion ion tubuh yang hilang.

Perumpamaan : ada sebuah printer yang terdiri dari berbagai macam warna. jika salah satu warna itu habis maka kinerjanya menjadi tidak benar. warna warna tersebut merupakan ion ion tubuh, air, gula, protein dll. jadi jika salah satunya kurang atau habis akan terjadi ketidak seimbangan yang berbahaya

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.