Salah Kaprah! Simak Cara Tepat Membersihkan Kotoran Telinga

Advertisements

Hai, semuanya…

Apa yang kalian pikirkan tentang kotoran telinga?

Kebanyakan orang berpikir bahwa kotoran telinga hanyalah benda menjijikkan dan bau yang bersembunyi di lorong telinga kita. Eiits, tunggu dulu! Tahukah kamu Cara Tepat Membersihkan Kotoran Telinga ?

Sebenarnya kotoran telinga juga memiliki manfaat penting, lho, bagi telinga kita. Dilansir dari klikdokter.com, kotoran telinga berfungsi untuk menghadang debu, bakteri, dan benda-benda lainnya yang ingin masuk ke dalam telinga kita. Risiko iritasi juga akan diminimalisir dengan adanya kotoran telinga, begitu pula dengan infeksi dan kerusakan pada kulit sensitif.

Meskipun begitu, kotoran telinga dalam jumlah berlebih juga akan memberikan dampak buruk seperti rasa gatal pada telinga hingga membuat telinga berdengung kencang.

Mengenai hal ini, banyak orang menggunakan contton bud untuk mengeluarkan kotoran telinga. Namun, cara ini sebenarnya tidak dianjurkan oleh para pakar karena memungkinkan kotoran terdorong lebih jauh ke dalam rongga telinga. Menggunakan bahan yang keras juga dapat dengan mudah melukai dinding saluran telinga.

Cara Tepat Membersihkan Kotoran Telinga

Lalu bagaimana Cara Tepat Membersihkan Kotoran Telinga?

Kalian bisa mencuci bagian luar telinga dengan kain lembut dan usahakan untuk tidak memasukkan sembarang benda ke dalam telinga untuk mengeluarkan kotoran telinga. Sebagai gantinya, gunakan obat tetes telinga, minyak bayi, atau cairan minyak hangat lainnya, seperti minyak zaitun. Minyak yang dialirkan ke dalam rongga telinga akan melembutkan kotoran telinga sehingga bisa dikeluarkan dengan mudah.

(Baca juga Anatomi Telinga)

Minyak dapat dimasukkan ke dalam rongga telinga menggunakan kapas atau alat pembersih telinga. Tunggulah 5 detik kemudian kotoran dapat dikeluarkan.

Arti warna kotoran telinga

Akan tetapi, jangan buru buru membuang kotoran telinga! Lebih baik cek dulu arti dari warna telinga kalian. Langsung aja…

  • Warna Kuning dan berbentuk lunak

Apabila kalian menemui kotoran telinga yang dikeluarkan cenderung berwarna kuning dan lunak, ini menandakan bahwa kotoran ini baru saja terbentuk di rongga telinga

  • Gelap dan berbentuk keras

Berkebalikan dengan kotoran yang cenderung kuning dan lunak, kotoran yang lebih gelap dan keras adalah kotoran yang telah lama tertimbun dalam telinga.

  • Pucat dan bentuknya bersisik

Kotoran jenis ini sudah berada lama dalam rongga telinga dan akhirnya berpindah ke bagian luar telinga.

  • Kemerahan

Pernah mendapati kotoran telinga merah? Kalian patut waspada. Bisa jadi ada goresan dan luka pada telinga. Ini dapat menjadi tanda pula bahwa cara kalian membersihkan telinga kurang tepat.

  • Keruh dan berair

Kotoran telinga yang keruh dan berair dapat menandakan adanya infeksi pada telinga.

  • Hitam

Kotoran telinga yang berwarna hitam menandakan terjadi penumpukan kotoran telinga berlebih atau terdapat benda asing pada telinga.

Jadi, kalian sekarang tahu manfaat besar kotoran yang senantiasa bersembunyi dalam rongga telinga ini. Selalu jaga kesehatan telinga kalian dan jangan lagi asal-asalan dalam membersihkannya, ya… Apalagi setelah kalian Cara Tepat Membersihkan Kotoran Telinga

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.