Kimia Materi Pelajaran SMA

Analogi Rak Buku dalam Tingkat Energi Atom

Advertisements

Hai sahabat bisakimia, bagaimana kabar kalian hari ini? Semoga tetap sehat dan sukses selalu untuk sahabat semuanya. Mari kita menambah ilmu terutama ilmu kimia dengan selalu update info-info dari bisakimia.       

Pembahasan kali ini adalah tentang analogi rak buku dalam tingkat energi atom. Pasti di antara sahabat semua, sudah pernah mendengar istilah analogi. Apa sih yang dimaksud dengan analogi? Apakah analogi bisa diterapkan dalam pembelajaran sains? Untuk lebih jelasnya, mari kita simak penjelasan berikut. 

Analogi 

Menurut pendapat Allan G. Harrison dalam bukunya Analogi dalam Kelas Sains (2013), pengertian analogi adalah penjelasan kreatif yang membantu para murid membayangkan konsep sains dengan menggunakan objek dan proses yang dikenal. Analogi menyediakan kerangka berpikir untuk membangun ide baru dan bertindak sebagai sumber penyelidikan pertanyaan-pertanyaan sains.

Dalam kelas-kelas sains yang menggunakan analogi dalam pengajarannya, akan membuat suasana pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Dengan penggunaan analogi dalam pembelajaran, khususnya kimia akan membuat konsep abstrak yang asing menjadi lebih dikenal. Mengapa? Karena dengan menggunakan analogi, siswa dapat membandingkan konsep yang dipelajari dengan objek dan pengalaman kesehariannya. Analogi tersebut akan berfungsi apabila siswa telah mengenal analognya dalam kehidupan sehari-hari. 

Metode FAR dalam Analogi  

Dalam bukunya, Analogi dalam Kelas Sains (2013), Allan G. Harrison dan Richard K. Coll menggunakan metode FAR (Fokus, Aksi, Reaksi). Petunjuk penjelasan dalam pembelajaran tentang metode FAR tersebut adalah sebagai berikut:

Fokus: Pastikan para siswa mengetahui mengapa Anda ingin menggunakan analogi dalam pembelajaran.

Aksi: Pastikan para siswa mengenal objek atau pengalaman keseharian yang ingin digunakan sebagai analog! Pastikan Anda selalu berdiskusi dengan siswa, bagian manakah dari analog yang dapat digunakan dan yang tidak.

Refleksi: Evaluasi keefektifan penggunaan analogi. Tanyakan pada diri Anda, “Perlukah saya merevisi penjelasan dan adakah cara yang lebih baik dalam penggunaan analogi ini di lain waktu ketika saya mengajar materi ini?”. Mungkin Anda memutuskan untuk menggunakan analogi berbeda di lain waktu. Tidak apa. Pengajaran yang baik senantiasa berlangsung dinamis.

Analogi Rak Buku dalam Tingkat Energi Atom

Ilustrasi lemari buku
Ilustrasi lemari buku

Berikut ini contoh analogi dalam pelajaran fisika dan kimia umum di SMA, yang dikemukakan oleh Hunter, dkk (Analogi dalam Kelas Sains, hal. 177-178) dengan metode FAR:

1. Fokus

Konsep:

Elektron tersusun mengelilingi inti atom. Elektron menempati hanya pada suatu tingkat energi tertentu. Sebuah elektron dapat memeroleh energi dan dapat berpindah dari tingkat energi yang paling bawah ke tingkat energi yang lebih tinggi. Elektron yang berada di tingkat energi yang lebih tinggi apabila turun ke tingkat energi yang lebih rendah, akan mengemisi energi dalam bentuk radiasi atau cahaya jika besar energinya menghasilkan radiasi panjang gelomvang cahaya, tampak di dalam spektrum elektromagnetik.

Para Siswa:

Para siswa tidak dapat memahami mengapa elektron tidak bisa berada di suatu tempat di mana saja, dan mengapa elektron harus berada di suatu tingkat energi tertentu. Mereka kesulitan untuk memahami mengapa elektron memerlukan energi tertentu (atau melepaskan sejumlah energi tertentu) saat berpindah dari satu tingkat ke tingkat yang lain.

Analog:

Sebuah lemari buku yang besar dengan rak yang bertingkat-tingkat bisa dijadikan analogi. Setiap rak memiliki ketinggian berbeda. Ketinggian yang berbeda tersebut menggambarkan tingkat energi yang berbeda-beda. Setiap rak bisa terisi buku hanya dengan jumlah tertentu. Untuk memindahkan buku dari rak yang lebih rendah, dibutuhkan energi untuk memindahkannya ke atas.

2. Aksi

Kemiripan analog
Kemiripan

 

Ketidakmiripan
Ketidakmiripan

3. Refleksi

Kesimpulan:

Apakah para murid dapat menemukan perbendaan penting antara analogi dengan target? Anda dapat menggunakan lemari buku di dalam kelas untuk mengilustrasikan konsep.

Perbaikan:

Anda dapat menggunakan buku yang sangat berat, agar terlihat lebih jelas bahwa energi benar-benar dibutuhkan untuk memindahkan buku ke rak yang lebih tinggi.

Strategi yang Disarankan

Analog yang diberikan pada contoh di atas, akan lebih baik jika menggunakan kunjungan ke perpustakaan atau menggunakan rak buku di kelas. Mungkin ide yang bagus, jika mendemonstrasikannya menggunakan buku-buku yang berukuran sama, namun pastikan harus seizin staf perpustakaan.

 

Demikianlah pembahasan tentang analogi rak buku dalam tingkat energi atom. Semoga teman-teman maupun Bapak/Ibu guru dapat mencoba menerapkannya dalam pembelajaran di kelas. Sahabat bisakimia juga dapat membaca tulisan tentang analogi dalam pembelajaran kimia disini.

*Semoga bermanfaat*

 

Sumber: 

Allan G. Harrison & Richard K. Coll. 2013. Analogi dalam Kelas Sains. Jakarta: PT. Indeks (Original Title: Using Analogies in Middle anda Secondary Science Classrooms The FAR Guide —An Interesting Way to Teach With Analogies)

 

 

yusmini

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.