Skip to content
Iklan

Apakah itu Kimia Organik ?


Sebenarnya secara singkat, dapat di katakan bahwa untuk menjawab pertanyaan. Apakah itu Kimia Organik ? maka kita dapat menjawab. Kimia Organik adalah kimia dari senyawa yang memiliki unsur C (Karbon) di dalamnya.

Kimia organik merupakan salah satu cabang dari berbagai bidang kimia. Diantara bidang kimia yang lain yaitu Kimia Anorganik , Fisik, analisis, Bioanorganik , polimer, material, dan Bio kimia Fisik.

Kimia organik terpisahkan menjadi satu cang ilmu kimia karena ada alasan sejarahnya. Awalnya, kimia organik ditujukan untuk senyawa di dalam makhluk hidup. Disebut juga senyawa organik. sebaliknya untuk senyawa yang berasal dari benda mati ialah anorganik. Meskipun sudah 150 tahun kita tahu bahwa perbedaan ini hanyalah di buat buat, namun sampai sekarang masih banyak yang menggunakan kata organik untuk hal tersebut. Sekarang, kata kimia organik digunakan untuk menjelaskan ilmu yang mempelajari senyawa yang mengandung karbon yang juga memang banyak di temukan di makhluk hidup.

Memang aneh kelihatannya suatu cabang ilmu yang hanya mempelajari 1 unsur saja di dalam tabel periodik, padahal ada lebih dari 100 unsur di dalamnya. Namun ternyata memang sangat banyak senyawa organik dibanding dengan senyawa lainnya. Kimia Organik mempengaruhi banyak hal dalam tubuh kita, dan untuk alasan tersebut. Sangatlah penting bagi kita untuk memahami hal tersebut.

Apakah itu Kimia Organik ?

Pakaian, makanan, obat, minyak, sabun terdiri dari molekul kimia organik. Beberapa diantaranya seperti kapas, wol, dan sutra tersedia di alam namun bisa di isolasi secara langsung dari sumber di alam. lainnya, seperti nilon, polyester dan sintetik. Mereka di produksi di laboratorium oleh para ahli kimia. Dengan mempelajari prinsip dan konsep kimia organik, kamu bisa mempelajari lebih dalam tentang senyawa tersebut dan bagaimana mereka mempengaruhi dunia di sekitarmu.

Hasil Kimia Organik

Rasakan pula apa yang telah di hasilkan oleh kimia organik untuk kita. Dengan mempelajari kimia organik, kita telah berhasil membuat banyak perubahan seperti kenyamanan yang lebih murah. Maksudnya barang – barang yang dulu hanya bisa dinikmati orang kaya, sekarang orang miskin pun bisa menikmatinya. Selain itu penemuan di bidang obat obatan juga meningkatkan rata rata umur manusia dari 47 di tahun 1900 sampai sekitar 70 tahun di tahun tahun sekarang. Ilmu kimia juga telah berhasil memberikan kita senjata untuk melawan berbagai serangga pembawa penyakit, selain itu hasilnya ialah lebih banyak panen untuk kita dari penemuan pupuk, pestisida dan herbisida. Penemuan kimia organik juga telah memberikan kita plastik, anestesi, katup jantung sintetik. Banyak penemuan hebat di bidang kimia organik yang merubah kehidupan manusia di zaman sekarang ini,

Jadi, kalau ada pertanyaan lagi “Apakah itu Kimia Organik ?” .  Maka saya harap kamu dapat menjawabnya.

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: