Skip to content
Iklan

Purin


Kalian pernah dengar bahwa penderita asam urat tidak boleh mengkonsumsi purin terlalu banyak?
Tahukah kalian apakah purin itu?

Purin merupakan senyawa organik aromatik. Ini adalah senyawa heterosiklik yang mengandung nitrogen. Dalam purin terdapat, cincin pirimidin dan cincin imidazol yang menyatu.
Purin dan senyawanya tersebar luas di alam. Mereka hadir dalam asam nukleat. Dua molekul purin, adenin dan guanin, yang hadir baik pada DNA dan RNA. Gugus amino dan gugus keton yang melekat pada struktur basa purin untuk membuat adenin dan guanin.

Apa yang dimaksud adenin dan guanin?
Adenin sendiri ialah molekul yang berasal dari nitrogen, karbon, hidrogen atom. Rumus kimia yang dimilikinya ialah C5H5N5. Saat basa yang seperti adenin ini melekat di fosfat serta ribosa dan membentuk nukleotida, adenin akan termasuk di dalam kelompok yang sering di sebut dengan nukleotida purin.

Purin yang terdiri dari nitrogen yang memiliki 6 anggota fusi cincin nitrogen serta beranggotakan 5. Jenis yang lain dari adanya kelompok nukleotida ialah piridin. Piridin sendiri terdiri dari berbagai macam nitrogen yang tunggal, serta membuat mereka akan lebih kecil dari purin. Adenin serta guanin ialah dua basa sehingga mereka masuk di dalam kelompok purin, sitosin dan timin ialah pirimidin.

Guanin adalah basa purin ditemukan di kedua DNA dan RNA yang berikatan eksklusif dengan sitosin membentuk ribonukleosida disebut guanosin atau deoksiribosa membentuk deoxyguanosine. Senyawa ini dapat ditemukan sebagai bagian dari struktur membran sitoplasma. Hal ini juga dapat ditemukan dalam guanosin trifosfat, GTP, di mana ia membantu dalam proses seluler seperti regulasi pertumbuhan, transduksi sinyal, dan transportasi protein.

Organisme hidup harus memproduksi protein untuk bertahan hidup. Proses ini dimulai dengan penciptaan salinan bagian dari DNA, disebut RNA. MRNA ini merupakan cetak biru untuk membangun satu atau lebih protein. Ketika sel perlu untuk mensintesis protein, mRNA yang mengandung protein yang sesuai kode keluar nukleus dan link dengan ribosom. Ribosom RNA membentuk lokasi konstruksi, atau struktur pabrik. RNA transfer membaca mRNA dan memberikan asam amino yang tepat, seperti yang didefinisikan oleh urutan kodon. Ini rRNA kemudian ikatan ini asam amino bersama-sama, memproduksi rantai protein.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: