Skip to content
Iklan

Kopi dan Diabetes


Apakah anda terbiasa minum kopi dipagi hari? Bagi kebanyakan orang minum satu atau dua cangkir kopi bukan merupakan masalah, tetapi bagaimana dengan penderita diabetes melitus? Apakah boleh minum kopi? Apakah kopi bermanfaat atau malah berbahaya bagi penderita diabetes?

Sebuah studi menunjukkan, kopi dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2 sekaligus melindungi tubuh dari kanker hati dan kanker usus besar serta penyakit Parkinson serta serangan stroke. Kemudian, penelitian yang dilakukan tahun 2004, melaporkan pria dan wanita yang minum kopi secara teratur setiap hari memiliki risiko lebih rendah mengalami diabetes tipe 2. Para peneliti mengungkapkan kemungkinan dari mineral, antioksidan dan phitochemichal dalam kopi mempengaruhi sensitivitas insulin dan atau sekresi insulin.

Hasil penelitain lainnya menunjukan hal yang sebaliknya. Dalam sebuah studi yang dipublikasikan oleh Diabetes Care mengungkap, ketika para partisipan dengan diabetes meminum pil yang mengandung kafein yang sama dengan empat cangkir kopi, kadaf glukosa mereka naik hingga delapan persen. Kadar tersebut bahkan meningkat lebih tinggi setelah bersantap.Pada saat partisipan meminum pil kafein setelah makan malam, kadar gula darah mereka naik hingga 26 persen dibandingkan mereka minum pil kosong atau placebo.

Para peneliti sebelumnya tidak yakin mengapa kafein dapat mempengaruhi kadar glukosa. Namun mereka berteori, kafein dapat mengganggu proses pergerakan glukosa dalam darah ke bagian tubuh yang menggunakan glukosa sebagai bahan bakar. Mereka juga mengatakan, konsumsi kafein dapat melepaskan aderenalin dalam tubuh yang diketahui meningkatkan kadar gula darah.

Penemuan dari penelitian yang dilakukan baru-baru ini, tampaknya berseberangan dengan penelitian sebelumnya mengenai kopi dan diabetes. Perlu diambil langkah bijak untuk menyikapi kemungkinan yang muncul dari kesimpulan penelitian yang berbeda tersebut.

Lalu bagaimana sebaiknya bagi penderita diabetes yang suka minum kopi?
Peneliti menyarankan, orang dengan diabetes sebaiknya mengonsumsi tidak lebih dari dua cangkir kopi perhari. Jika tidak terbiasa dengan minuman berkafein tersebut, maka jangan pernah memulai.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: