Apa Itu Zat Gizi Mikro dan Makro ?

Mungkin wacana tentang zat gizi mikro dan makro telah sering kita dengar atau baca di beberapa media seperti majalah,

ARS - Foods high in zinc
ARS – Foods high in zinc (Photo credit: Wikipedia)

televisi dan internet. Biasa istilah tersebut akan kita temui ketika kita menonton atau membaca masalah bertemakan kesehatan, diet, hidup sehat dan semacamnya. Namun apakah anda sudah mengetahui apa itu zat gizi mikro dan makro? Pengetahuan mengenai hal ini perlu diperhatikan karena saat membaca kita kan lebih mengetahui apa yang kita baca.

Zat Gizi Mikro

Sebelum mempelajari perbedaannya marilah kita tinjau dahulu makna dari kata per kata. Zat gizi dan mikro. Zat gizi merupakan suatu zat yang dibutuhkan oleh tubuh untuk hidup dan melakukan tugasnya masing masing, zat gizi ini seperti bensin pada kendaraan bermotor. Jika tidak ada, maka tidak bisa bergerak kalau cadangan sudah habis.

Sedangkan kata mikro berasal dari bahasa yunani yang berarti Kecil. Jadi zat gizi mikro ialah Zat yang diperlukan tubuh dalam jumlah kecil. Zat gizi mikro ini hanya dibutuhkan lebih sedikit daripada zat gizi makro namun keberadaannya di dalam tubuh tetap harus ada.

Yang termasuk zat gizi mikro ini ialah vitamin dan beberapa ion mineral yang penting seperti zinc, besi dan lain lain.

Manfaatnya sangat banyak, misalnya besi berperan dalam pembentukan sel darah merah. sel darah merah harus terus di produksi karena sel darah merah kita memiliki umur yang tidak panjang. Jadi tubuh terus memproduksi untuk meregenerasi, Sedangkan vitamin C berlaku sebagai antioksidan.

 

Zat Gizi Makro

Zat Gizi Makro meruapakan kebalikan dari zat gizi mikro. Makro juga berasal dari bahasa yunani yang berarti Besar. Maka Zat gizi makro ialah zat yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah besar. Seberapa banyak? Tentu tidak terlalu banyak seperti yang dibayangkan. Asupan zat gizi dalam tubuh telah dihitung dan diatur sehingga kita dapat mengetahui ambang batasnya. Karena segala sesuatu yang berlebihan tidaklah baik.

Dikutip dari : http://belajar-gizi.blogspot.com

 

Yang merupakan zat gizi makro ialah lemak, karbohidrat dan protein. Ya, 3 kata tersebut merupakan yang paling sering anda dengan dalam dunia gizi. Karena memang itulah yang kita banyak butuhkan untuk tubuh. Kata siapa kita harus menghindari lemak? Itu hanya mitos. yang harus dihindari ialah lemak jahat, karena dapat menyumbat pembuluh darah yang berakibat stroke. Lemak baik dapat membawa lemak jahat agar tidak bertumpuk. Selain itu lemak dapat berfungsi sebagai cadangan makanan, penghangat tubuh dan berbagai fungsi dalam metabolisme tubuh.

Lalu karbohidrat, inilah yang merupakan sumber energi kita. Dalam tubuh kita karbohidrat yang dipakai sebagai sumber energi ialah glukosa. Gula pasir merupakan karbohidrat yang bernama sukrosa, namun dalam tubuh kita. Sukrosa akan diubah menjadi glukosa terlebih dahulu. Serat juga merupakan karbohidrat, Namun serat merupakan karbohidrat yang tidak bisa kita cerna. Mengapa? silahkan baca disini

Yang terakhir ialah protein. Protein ini merupakan penyusun utama dari otot kita atau yang biasa kita sebut daging. Bisa dibayangkan sangat banyak protein dalam tubuh kita, Protein sendiri memiliki fungsi bermacam macam tergentung jenisnya. Bahkan protein juga dapat berfungsi sebagai sumber energi jika cadangan lemak sudah sedikit.

Jelaslah kenapa zat gizi makro dibutuhkan dalam jumlah besar di dalam tubuh.

Ada satu hal lagi yang sangat penting yang belum di bahas. Yaitu AIR. karena tubuh kita ini lebih dari 50% terdiri dari air. Janganlupa minum air ya.

Referensi

Macro And Micronutrients: What They Are And Why We Need Them

3 thoughts on “Apa Itu Zat Gizi Mikro dan Makro ?

    1. Wa’alaykumussalam . Hubungannya ialah pemecahan dan penyerapan gizi tersebut. Dari setiap tempat pencernaan. Gizi makro akan di olah oleh tubuh kita. Misalnya dari mulut Ada enzim amilase yang memecah amilum. Saat sudah sampai perut. Ada lagi enzim lainnya yang lanjut memecah gizi makro hingga akhirnya menjadi siap di serap

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.