Skip to content
Iklan

Pengertian Protein dan Macamnya


Protein merupakan sumber asam amino yang mengandung Karbon (C), Hidrogen (H), Oksigern (O), Nitroten (N) dan terkadang mengandung Belerang (S), dan Fosfor (P). Protein berasal dari tata bahasa Yunani yaitu Proteos, yang berarti utama atau yang didahulukan. Protein adalah zat gizi kedua yang banyak terdapat di dalam tubuh setelah hidrogen, seperlima bagian dari tubuh manusia yang sudah dewasa adalah protein. Ketika protein dihidrolisis total, akan dihasilkan sejumlah 20-25 jenis asam amino. Sumber protein yang terdapat pada makanan seperti susu, ikan telur, daging, unggas, kerang, kedelai dan olahanya, serta kacang-kacangan.

pengertian protein dan macamnyaProtein dapat dikelompokkan menjadi dua kelompok, yakni protein hewani dan protein nabati. Apabila dikelompokkan berdasarkan proporsi asam amino yang terkandung, protein dikelompokkan menjadi:

  • Protein yang lengkap atau protein dengan nilai biologik yang bermutu tinggi. Protein yang mengandung asam amino esensial dalam proporsi yang mampu memberikan pertumbuhan secara optimal.
  • Protein tidak lengkap atau protein yang bermutu rendah. Protein yang mempunyai kandungan asam aminonya rendah. Tidak semua protein nabati itu tidak lengkap. Ada nabati yang protein cukup lengkap seperti kacang kedelai.

Protein mempunyai fungsi penting yang diperlukan tubuh kita. Pertumbuhan atau penambahan otot juga pemeliharaan dan perbaikan jaringan hanya akan terjadi jika cukup tersedia campuran asam amino yang sesuai. Sifat protein selalu dalam kondisi dinamis, secara bergantian akan dipecah dan disintesis kembali. Tubuh manusia akan menggunakan asam amino yang diperoleh dari pemecahan jaringan untuk membangun kembali jaringan yang sama atau jaringan yang lain. Protein biasanya disertai dengan penyakit penyerta berupa infeksi, terutama penyakit infeksi saluran nafas serta infeksi saluran pencernaan. Kekurangan protein pada umumnya terjadi bersamaan dengan kekurangan karbohidrat sebagai sumber energi. Terdapat dua kondisi defisiensi energi dan protein, yaitu marasmus dan kwashiorkor.

Demikian artikel tentang Protein yang bisa diketahui oleh para pembaca yang budiman, semoga bermanfaat dengan artikel ini.

Iklan

1 Komentar »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: