Skip to content
Iklan

Arang aktif apa itu?


https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/2/2d/Activated_Carbon.jpg/800px-Activated_Carbon.jpg

Pasti kalian tahu dong apa itu arang? yup, kalau kita buat sate ayam pasti menggunakan arang,, emmm :9. Tapi kali ini kita tidak bahas tentang sate loh yaa,, kita akan bahas tentang arang aktif, ada yang tahu?

Karbon aktif, juga disebut arang aktif, adalah bentuk karbon diproses untuk memiliki kecil, volume rendah pori-pori yang meningkatkan luas permukaan yang tersedia untuk adsorpsi atau reaksi kimia. diaktifkan kadang-kadang diganti dengan aktif.

Karena tingkat tinggi dari microporosity, hanya satu gram karbon aktif memiliki luas permukaan lebih dari 1.300 m 2 (14.000 sq ft), sebagaimana ditentukan oleh adsorpsi gas. Sebuah tingkat aktivasi cukup untuk aplikasi yang berguna dapat dicapai semata-mata dari luas permukaan yang tinggi; Namun, perlakuan kimia lebih sering meningkatkan sifat adsorpsi.

Karbon aktif biasanya berasal dari arang dan kadang-kadang digunakan sebagai biochar . Mereka berasal dari batubara dan kokas disebut sebagai batubara diaktifkan dan diaktifkan kokas masing-masing.

biasanya digunakan untuk apa saja sih?

Karbon aktif digunakan dalam pemurnian gas , dekafeinasi , pemurnian emas , ekstraksi logam , pemurnian air , obat-obatan , pengolahan limbah , filter udara di masker gas dan respirator , filter udara terkompresi dan banyak aplikasi lainnya.

Salah satu aplikasi industri besar melibatkan penggunaan karbon aktif di bidang logam finishing. Hal ini sangat banyak digunakan untuk pemurnian larutan elektroplating. Sebagai contoh, adalah teknik pemurnian utama untuk menghilangkan kotoran organik dari solusi plating nikel cerah. Berbagai bahan kimia organik ditambahkan ke solusi plating untuk meningkatkan kualitas deposito mereka dan untuk meningkatkan sifat seperti kecerahan, kehalusan, keuletan, dll Karena bagian dari reaksi saat ini dan elektrolit langsung oksidasi anodik dan pengurangan katodik, aditif organik menghasilkan produk pemecahan yang tidak diinginkan dalam larutan. membangun berlebihan mereka sampai dapat mempengaruhi kualitas plating dan sifat fisik dari logam diendapkan. pengobatan karbon aktif menghilangkan kotoran tersebut dan mengembalikan kinerja plating ke tingkat yang diinginkan.

Sumber:

 

  • Properties of Activated Carbon”, CPL Caron Link, accessed 2008-05-02″. Retrieved 13 October 2014.
  • Shoba Jhadhav. “Value Added Products from Gasification – Activated Carbon” (PDF). The Combustion, Gasification and Propulsion Laboratory (CGPL) at the Indian Institute of Science (IISc). Retrieved 2015-04-30.

 

Iklan

2 Comments »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: