Kimia beton

File:Pantheon dome.jpg

Kalau kita jalan-jalan, terlebih lagi saat-saat akan mudik sekarang, pasti banyak perbaikan jalan dimana-mana, nah pasti akan melihat jalan tersebut sedang dibeton. Apa sih beton?  simak yuk

Beton adalah material komposit yang terdiri dari kasar agregat terikat bersama-sama dengan cairan semen yang mengeras dari waktu ke waktu. Kebanyakan beton yang digunakan adalah kapur beton berbasis seperti Portland semen beton atau beton yang dibuat dengan lainnya semen hidrolik , seperti Ciment fondu . Namun, permukaan jalan juga merupakan jenis beton, aspal beton , di mana bahan semen aspal , dan beton polimer kadang-kadang digunakan di mana bahan penyemenan adalah polimer.

Pada beton semen Portland (dan beton semen hidrolik lainnya), ketika agregat dicampur bersama-sama dengan semen kering dan air, mereka membentuk suatu massa fluida yang mudah dibentuk menjadi bentuk. Semen bereaksi secara kimia dengan air dan bahan-bahan lain untuk membentuk matriks keras yang mengikat semua bahan bersama-sama menjadi bahan batu-seperti tahan lama yang memiliki banyak kegunaan. Sering, aditif (seperti pozzolans atau superplasticizer ) termasuk dalam campuran untuk memperbaiki sifat fisik dari campuran basah atau bahan jadi. Kebanyakan beton dituangkan dengan bahan penguat (seperti rebar ) tertanam untuk memberikan kekuatan tarik , menghasilkan beton bertulang .

Struktur beton terkenal termasuk Hoover Dam , yang Terusan Panama dan Romawi Pantheon . Para pengguna skala besar awal teknologi beton adalah Romawi kuno , dan beton secara luas digunakan di Kekaisaran Romawi . The Colosseum di Roma dibangun sebagian besar dari beton, dan kubah beton Pantheon adalah kubah beton lipat terbesar di dunia. Hari ini, struktur beton besar (misalnya, bendungan dan tempat parkir bertingkat) biasanya dibuat dengan diperkuat beton.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.