Skip to content
Iklan

Sang Penemu Tabel Periodik


Apakah kalian tahu siapa orang yang mendeskripsikan tabel periodik unsur pertama kali dengan berurutan sesuai dengan bertambahnya berat atom dan juga sifat unsur-unsurnya?

Jika kalian menjawab “Dmitri Mendeleev” berarti jawaban kalian salah. Dmitri Mendeleev mempresentasikan tabel periodik unsur berdasarkan pada bertambahnya berat atom pada tanggal 6 Maret 1869, dalam presentasi untuk Rusia Chemical Society. Meskipun tabel periodik Mendeleev merupakan tabel periodik pertama yang diterima dalam komunitas ilmiah, akan tetapi itu bukan tabel periodik petama yang dibuat.

Contoh Reaksi Endoterm

Alexandre-Emile Béguyer de Chancourtois. Sumber Gambar : wikipedia.org

John Newlands telah menerbitkan Hukum Oktaf pada tahun 1865. Hukum Oktaf
memiliki dua unsur dalam satu kotak dan tidak memungkinkan ruang untuk yang elemen-elemen yang belum ditemukan, sehingga hasil karyanya dikritik dan tidak mendapatkan pengakuan.

Setahun sebelumnya (1864) Lothar Meyer menerbitkan tabel periodik yang menggambarkan penempatan 28 elemen. Tabel periodik Meyer mengurutkan unsur ke dalam kelompok yang diatur dalam urutan berat atom mereka. Tabel periodik buatannya mengatur unsur-unsur dalam 6 jenis sesuai dengan valensi mereka, yang merupakan upaya pertama untuk mengklasifikasikan unsur-unsur sesuai dengan propertinya.

Sementara banyak orang yang menyadari kontribusi Meyer untuk memahami periodisitas unsur dan pengembangan tabel periodik, banyak yang belum mendengar tentang Alexandre-Emile Béguyer de Chancourtois. de Chancourtois adalah ilmuwan pertama yang menyusun unsur-unsur kimia dalam urutan berat atom mereka. Pada tahun 1862 de Chancourtois mempresentasikan makalah yang menjelaskan pengaturan tentang elemen untuk Akademi Ilmu Pengetahuan Perancis. Makalah ini diterbitkan dalam jurnal Academy, * Comptes Rendus *, tapi tanpa tabel yang sebenarnya.

Tabel periodik muncul dalam publikasi lain, tapi itu tidak secara luas dibaca sebagai jurnal Academy. de Chancourtois adalah ahli geologi dan tulisannya terutama berurusan dengan konsep-konsep geologi sehingga tabel periodiknya tidak mendapatkan perhatian dari para ahli kimia pada saat itu.

Sumber :
– chemistry.about.com
– wikipedia.org

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s