Skip to content
Iklan

10 Makanan Umum Alami Yang Beradioaktif


Secara teknis, semua makanan itu sedikit radioaktif. Hal ini karena semua makanan dan molekul organik lainnya mengandung karbon, yang secara alami adalah sebagai campuran isotop, termasuk radioaktif karbon-14.(mengenai isotop, bisa lihat disini) Itulah dasar penanggalan karbon, digunakan untuk mengidentifikasi usia fosil. Namun, beberapa makanan memancarkan radiasi jauh lebih banyak daripada yang lain. Berikut adalah 10 makanan alami berradioaktif dan berapa banyak radiasi yang bisa  didapatkan dari mereka.
1. Brazil Nuts (Kacang Brazil)
Kacang Brazil (Bertholletia excelsa) berasal dari Amerika Selatan dalam keluarga Lecythidaceae dan jarang ditemukan di Indonesia.

Brazil Nut

Kacang Brazil(Brazil Nut)
Sumber Gambar : Wikipedia

Kacang Brazil mengandung 18% protein, 13% karbohidrat, 69% lemak dari beratnya, dan 91% kalori mereka berasal dari lemak. Rincian lemak jenuh sekitar 25%, 41% tak jenuh tunggal, dan 34% tak jenuh ganda. Karena kandungan lemak tak jenuh ganda yang tinggi, terutama omega-6 asam lemak, kacang Brazil yang dikupas mudah menjadi menjadi tengik.
Jika ada penghargaan untuk “Makanan Paling Radioaktif,” pasti akan jatuh pada Brazil Nut. Brazil Nut mengandung dua unsur radioaktif berkadar tinggi : radium dan Kalium (potassium). Kalium baik untuk kita, digunakan dalam banyak reaksi biokimia, dan salah satu alasan mengapa tubuh manusia itu sendiri sedikit radioaktif. Radium terjadi di tanah di mana pohon-pohon tumbuh dan diserap oleh sistem akar tanaman. Brazil Nut memancarkan sekitar 6.600 pCi (pico-Curie) / kg radiasi. Sebagian besar radiasi tadi melewati tubuh tanpa bahaya, ditambah tingginya tingkat selenium sehat dan mineral lainnya membuat kacang ini sehat untuk dikonsumsi di dalam jumlah sedang.

2. Kacang Lima

Kacang Lima

Kacang Lima.
Sumber Gambar : Wikipedia

Kacang Lima memiliki radioaktif tinggi potassium-40 dan juga radon-226. Kita bisa menemukan 2 sampai 5 pCi / kg dari radon-226 dan 4.640 pCi / kg dari potassium-40. Kita tidak mendapatkan manfaat dari radon, tetapi kalium (potasiium) adalah mineral yang baik  dalam kacang lima. Kacang Lima juga merupakan sumber (non-radioaktif) besi yang baik.

3. Pisang

Berbagai Jenis Pisang

Pisang.
Sumber Gambar : Wikipedia

Siapa yang tidak tahu pisang coba. Ternyata buah yang satu ini cukup radioaktif sehingga bisa membuat alarm radiasi di pelabuhan dan bandara menyala. Pisang memiliki 1 pCi / kg dari radon-226 dan 3.520 pCi / kg dari potassium-40. Kandungan potasium(kalium) yang tinggi merupakan bagian dari mengapa pisang sangat bergizi. Kita juga menyerap radiasi, tapi itu tidak berbahaya. Artikel mengenai manfaat pisang bisa lihat disini

4. Wortel

Wortel Yang Dipanen

Wortel.
Sumber Gambar : Wikipedia

Ternyata sayuran yang sehat untuk mata ini juga memiliki kandungan radiasi. Wortel memiliki 1 pCi / kg pico-Curie atau 2 pCi / kg radiasi dari radon-226 dan sekitar 3.400 pCi / kg dari kalium-40. Sayuran akar juga memiliki antioksidan protektif yang tinggi. Artikel manfaat wortel bisa lihat disini

5. Kentang

Kentang

Kentang.
Sumber Gambar : Wikipedia

Seperti wortel, kentang putih menawarkan antara 1 sampai 2,5 pCi / kg dari radon-226 dan 3.400 pCi / kg kalium-40. Makanan yang terbuat dari kentang, seperti keripik dan kentang goreng, sama-sama sedikit radioaktif.

6.Garam Rendah Sodium

Garam

Garam.
Sumber Gambar : Wikipedia

Garam Rendah sodium atau garam lite (lite salt) mengandung kalium klorida, KCl. kita bisa mendapatkan sekitar 3.000 pCi / kg. Garam natrium tidak mengandung lebih banyak kalium klorida dari garam rendah sodium dan dengan demikian lebih radioaktif.

7. Daging Merah (Red Meat)

Contoh Red Meat

Red Meat (Daging Merah).
Sumber Gambar : Wikipedia

Disini yang dimaksud daging merah adalah daging segar yang berwarna merah.
Daging merah mengandung cukup banyak kalium, dan dengan demikian kalium-40. Sedang Steak atau burger bmengandung sekitar 3.000 pCi / kg. Daging juga tinggi protein dan zat besi. Tingginya jumlah lemak jenuh dalam daging merah membuatnya lebih menyehatkan dibanding efek dari radiasi. Reaksi yang menarik mengenai perubahan daging bisa lihat disini

8. Bir

Segelas Bir

Bir.
Sumber Gambar : Wikipedia

Bir mendapatkan radioaktivitas dari potassium-40. Jumlahnya sekitar sekitar 390 pCi / kg. Besarnya hanya sekitar sepersepuluh radiasi yang bisa didapatkan dari jumlah yang sama dari jus wortel, sehingga dari sudut pandang radiasi, ini lebih sehat dari wortel (~.~a). Mengenai mitos bir bisa lihat disini

9. Air Minum

Air Minum

Air Minum.
Sumber Gambar : Wikipedia

Wah, ternyata air minum juga memiliki kandungan radiasi?
Ya karena air minum bukan H2O murni. Dosis radiasinya bervariasi sesuai dengan sumber air. Rata-rata, air mengandung sekitar 0,17 pCi / g dari radium-226.

10. Selai Kacang

Selai Kacang

Selai Kacang.
Sumber Gambar : Wikipedia

Selai kacang memiliki sekitar 0,12 pCi / g radiasi dari radioaktif kalium-40, radium-226, dan radium-228. Selai Kacang juga tinggi protein dan merupakan sumber yang baik untuk lemak tak jenuh tunggal yang sehat, jadi jangan biarkan kandungan radiasi yang sedikit menakut-nakuti Anda.

Sumber :

– chemistry.about.com

– Wikipedia

Iklan

2 Comments »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s