Skip to content
Iklan

5 Senjata Kimia yang Paling Berbahaya


Senjata Kimia

Senjata kimia merupakan salah satu jenis senjata yang sangat mematikan dan dilarang karena bahayanya. Penggunaannya sangat ketat bahkan dilarang. Sebuah senjata kimia yang efektif akan menggunakan bahan kimia yang sangat beracun dan dalam jumlah kecil . Berikut urutannya dari yang tingkat bahayanya paling kecil :

Sarin – Sarin adalah agen saraf . Setelah di dalam tubuh, agen saraf mempengaruhi mekanisme sinyal yang sel saraf digunakan untuk berkomunikasi dengan satu sama lain . Sarin adalah inhibitor cholinesterase –  yang menempel pada enzim cholinesterase (apa itu enzim? lihat disini) , biasanya digunakan sel-sel saraf untuk membersihkan diri dari asetilkolin . Ketika sel saraf perlu mengirim pesan ke sel saraf lain (misalnya , instruksi Otot untuk berkontraksi ) , ia akan mengirimkan pesan dengan asetilkolin . Tanpa adanya cholinesterase yang membersihkan asetilkolin , otot mulai berkontraksi tak terkendali – ini akhirnya menyebabkan kematian karena mati lemas karena diafragma juga merupakan otot . Kerjanya dalam lima hingga 12 jam . Sarin tidak terlalu sulit untuk diproduksi , dan jika Anda terjebak di dalam satu Meter kubik kamar yang mengandung 100 miligram sarin di udara , menghirup itu membunuh Anda dalam 1 menit.
• Cyclosarin – Cyclosarin adalah agen saraf lain . Ia bekerja dengan cara yang sama seperti sarin , tetapi dua kali lebih beracun . Anda akan hanya perlu berada di ruangan 1 meter kubik dengan kandungan 35 miligram udara cyclosarin dan anda akan mati dalam 1 menit . Saddam Hussein pernah membuat cyclosarin selama Perang Teluk.

Soman – Soman juga seperti sarin , tapi bertindak lebih cepat , dalam 40 detik sampai 10 menit . Memiliki tingkat racun yang mirip dengan seperti cyclosarin . Uni Soviet menimbun soman pada tahun 1960.

VX – VX bekerja dalam cara yang sama seperti sarin , tapi berbentuk cairan, sedangkan sarin menguap . Hal ini juga sepuluh kali lebih beracun dari sarin . Sepuluh miligram saja pada kulit cukup untuk membunuh orang . Dibuat juga versi lengketnya yang akan menempel pada apapun yang mengenainya. Amerika Serikat pernah membuat VX dari 1950-an sampai 1960-an .

• Novichoks – Novichoks adalah agen saraf . Untuk membuatnya , dua bahan kimia tidak beracun dicampur untuk membentuk produk racun . pada sekitar tahun 1990, setidaknya ada tiga novichoks ( novichok – 5 , novichok – # , dan novichok – 7 ) , tetapi apakah ada dalam jumlah besar atau tidak saat ini tidak diketahui . Semua agen novichok lebih beracun dari VX . Bahkan mungkin sampai 10 kali lebih beracun . Novichoks juga dapat bekerja secara berbeda dari agen saraf yang tercantum di sini , mungkin penangkal tak ada yang efektif . Uni Soviet mulai membuat novichoks pada tahun 1980 . Di Rusia , novichok berarti ” pendatang baru . ”

Senjata kimia tidak semua menyerang saraf . Agen pelepuh, seperti gas mustard ,pelecet kulit , merusak jaringan paru-paru dan dapat membunuh orang . Tapi senjata tersebut kurang mematikan daripada agen saraf .

Salah satu masalah dengan agen kimia ini adalah bahwa tidak ada cara mudah untuk melindungi diri sendiri . Di medan perang , tentara memakai masker gas dan penutup kulit lengkap ketika serangan kimia atau biologis digunakan. Jika sebuah kota yang mengalami serangan VX skala besar , orang harus mengenakan baju tahan air dan kedap udara dan masker gas pada saat serangan agar dapat dilindungi .

Sumber http://science.howstuffworks.com

Iklan

1 Komentar »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s