Software Aspen Hysys Mempermudah Perhitungan Diagram Alir Proses


​Pada pembuatan diagram alir proses suatu produk kimia dari bahan mentah dibutuhkan perhitungan yang agak rumit untuk mengetahui komposisi aliran sebelum dan sesudah melaui alat maupun hasil recycle. Oleh karena itu dibuat sebuah software yang membantu mengatasi hal tersebut yang disebut Aspen Hysys.

Seperti apa Aspen Hysys ?

Hysys merupakan program yang dirancang untuk mensimulasikan proses di dalam suatu pabrik. Dengan menggunakan program ini, perhitungan-perhitungan untuk mendesain suatu proses yang rumit (karena melibatkan banyak rumus) dan memerlukan waktu yang lama bila dikerjakan secara manual (by hand) dapat dengan cepat dilakukan. Hysys sendiri adalah singkatan dari Hyphothetical System (sistem hipotesa). Simulasi proses artinya membuat suatu proses produksi suatu bahan ke dalam diagram alir proses (Process Flow Diagram) dan menghitung neraca massa dan neraca panas/energi pada masing-masing peralatan yang digunakan. Hysys  dapat digunakan untuk merancang beberapa peralatan pada pabrik yang baru atau akan didirikan (sizing) atau mengevaluasi kinerja suatu peralatan pada pabrik yang sudah ada (rating). Hysys memiliki kelebihan daripada program-program simulasi proses lainnya. Program ini bersifat interaktif karena langsung memberitahukan input apa yang kurang pada saat penggunanya mendesain suatu proses dan juga langsung memberitahukan apabila ada kesalahan yang terjadi. Dengan demikian program ini dapat dikatakan user friendly atau mudah digunakan.
Aspen hysys adalah salah satu software engineering yang digunakan sebagai model simulator untuk satu atau beberapa rangkaian proses yang berkaitan dengan bidang ilmu teknik, khususnya teknik kimia. Beberapa contoh proses disini antara lain proses reaksi yang melibatkan reaktor, proses pemisahan (separator), dan proses pemurnian (destilasi, absorbsi). 
Aspen Hysys banyak digunakan oleh professional yang berkarir di Chemical Process Industry (CPI). Contoh dari CPI ini adalah pabrik petrokimia, pabrik gula, pabrik minyak dan gas bumi. 

Karena umumnya, proses pada CPI adalah proses kontinyu, sehingga kita kita salah mengitung salah satu aliran maka kita harus menghitung kembali semuanya dari awal.
Pada perancangan pabrik, dengan Hysys kita hanya perlu membuat Process Flow Diagram (PFD) dan memasukan seluruh komponen kimia yang terlibat pada industri yang akan dirancang. Sisanya biarkan Sang Software yang bekerja. Software ini akan menghitung neraca massa, neraca energy, hingga beberapa spesifikasi alat.

Beberapa parameter proses seperti laju alir, temperatur, tekanan, dan konsentrasi komponen dalam setiap aliran dapat dihitung secara komputerisasi menggunakan software ini. 
Pada optimasi pabrik, jika kita melakukan studi pada pabrik yang sudah ada dengan begitu banyak alat yang ada serta proses yang rumit tentu pihak pabrik mengalami kerugian karena uji coba yang dilakukan akan berpengaruh pada produk yang dihasilkan atau bahkan pabrik harus shut down sehingga tidak berproduksi sama sekali. 

Dengan menggunakan Aspen Hysys, studi tidak perlu dilakukan di pabrik nya langsung. Kita dapat membuat model simulasi yang merepresentasikan pabrik yang ada dan melakukan simulasi dari model tersebut. Kita dapat melakukan uji coba dengan merubah parameter proses dan flow proses untuk mendapatkan kondisi optimum. 

Software ini sangat membantu sekali bukan?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s