Skip to content
Iklan

Olimpiade Kimia XX 2015 by Universitas Udayana


Kabar gembira untuk wilarah bali karena akan ada event kimia dari universitas udayana. untuk yang daerah sana, silahkan mengikuti ya.

Tentang Olimpiade

Pendidikan adalah suatu kompetensi yang wajib dimiliki oleh setiap individu. Melalui pendidikan akan dihasilkan suatu SDM yang diharapkan mampu bersaing secara global ditengah perkembangan teknologi yang kian cepatnya. Perkembangan teknologi kini menuntut setiap individu untuk terus menciptakan inovasi baru yang mampu memberikan pengaruh yang besar bagi kehidupan.

Dalam hal ini, kemampuan setiap individu untuk berkarya dan berkompetensi menjadi suatu ukuran mutlak. Maka dari itulah, pendidikan sebagai salah satu kunci dalam mencapai kesuksesan di masa kini haruslah ditingkatkan demi menciptakan SDM yang berkualitas dan kompeten nantinya.

Pemerintah sebagai salah satu unsur yang juga bertanggung jawab terhadap keberhasilan mencetak SDM yang berkualitas harus terus berupaya meningkatkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkembang di masyarakat. Peningkatan kualitas harus  dilakukan di segala bidang. Dan tidak kalah pentingnya, pemerintah juga berupaya meningkatkan kualitas ilmu pengetahuan alam mengingat IPA merupakan ilmu dasar dari segala ilmu

Kimia sebagai salah satu ilmu dasar (basic science) pun mengalami arus yang serupa, yang dituntut pula untuk menghasilkan SDM yang berkualitas dalam ilmu kimia. Tapi paradigma ilmu kimia sebagai salah satu ilmu berbahaya dan sangat sulit dipelajari memanglah sulit diubah. Oleh karena itu, perlu dilakukan perubahan paradigma tersebut sehingga masyarakat dapat memahami keberadaan ilmu kimia dan nantinya akan mendukung terciptanya SDM berkualitas yang dapat bersaing dalam era globalisasi saat ini.

Olimpiade Kimia Udayana adalah sebuah event yang dilaksanakan setiap tahunnya oleh Himpunan Mahasiswa Kimia Universitas Udayana Bali. Event ini merupakan sebuah kompetisi besar yang berlandaskan pengetahuan di bidang ilmu kimia. Tahun ini merupakan Olimpiade Kimia yang ke 20 kalinya. Event yang dilombakan dalam Olimpiade Kimia kali ini yaitu LKTI SMA dan SMP se-Indonesia, dan Teori SMA/SMP se-Bali.

Olimpiade Kimia Tahun 2015 dengan mengambil tema Mewujudkan Generasi yang Berwawasan Ilmiah, Kritis, Kreatif dan Inovatif” diharapkan dapat mencetak intelektual muda yang kreatif, inovatif, dan tentu saja memiliki kompetisi yang baik dalam  ilmu kimia sehingga dapat dijadikan bekal untuk menghadapi era globalisasi. Di samping itu juga, kompetisi ini diharapkan juga mengubah paradigma bahwa ilmu kimia adalah ilmu yang berbahaya dan sulit atau paradigma yang salah terhadap ilmu kimia. Sekali lagi dapat dikatakan pendidikan sebagai suatu syarat mutlak dalam menempuh hidup di zaman persaingan saat ini dan sudah seyogyanya semua pihak dapat bekerjasama dalam meningkatkan mutu pendidikan dan dengan kontribusi kecil yang kami berikan dapat menjadi suatu batu loncatan untuk mencetak generasi-generasi penerus yang dapat berbicara banyak di masa yang akan datang.

Sayarat dan Ketentuan

KOMPETISI TEORI KIMIA (SE-BALI)

a. Lomba ini adalah lomba perseorangan untuk putra/i.

b. Peserta merupakan Warga Negara Indonesia, baik putra/i.

c. Peserta berasal dari SMP/Sederajat dan SMA/Sederajat se-Bali.

d. Peserta bukan merupakan peraih medali (Emas, Perak atau Perunggu) Olimpiade Sains Nasional 2013 dan 2014 serta bukan Pemenang Olimpiade Kimia Udayana XIX Tahun 2014.

e. Setiap sekolah berhak mengirimkan lebih dari satu orang wakilnya.

f. Peserta wajib membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 100.000,00.

g. Peserta wajib mengisi formulir pendaftaran.

h. Lomba terdiri atas 3 babak, yaitu :

* Babak Penyisihan

* Babak Semi Final

* Babak Final

i. Persentase Soal

* Penyisihan : Pilihan Ganda (Teori 50% dan Hitungan 50%)

* Semi Final : Essay

* Final : Studi Kasus

j. Lomba akan dilaksanakan selama 2 (Dua) hari yaitu pada hari Minggu, 1 Februari 2015 yang merupakan Babak Penyisihan berlokasi di 4 Kabupaten yaitu Badung, Jembrana, Klungkung, serta Buleleng. Dan Sabtu, 7 Februari 2015 yang merupakan Babak Semi Final serta Final yang bertempat di Kampus Kimia FMIPA Universitas Udayana Bukit Jimbaran, Bali.

NB : Sekolah yang mengirim peserta dengan kelipatan 3 (tiga) akan mendapat potongan harga sebesar Rp. 50.000,- dari total pembayaran.  Untuk lokasi babak penyisihan akan diumumkan pada website www.olimpiade.himakiudayana.com paling lambat 1 minggu sebelum kegiatan.

limipiade kimia 2015 udanaya

Pendaftaran

Sebelum mengisi formulir ini, peserta dimohon membaca ketentuan pendaftaran di :
http://olimpiade.himakiudayana.com/

Mohon diisi formulir ini secara lengkap dan dengan menggunakan huruf kapital.

Setelah mengisi formulir ini peserta diwajibkan :

  1. Mengirim berkas ke email panitia ok.udayana@gmail.com dengan :
    Melampirkan (sebagai attachment) :
  • formulir biodata hasil unduhan yang telah diisi secara lengkap beserta foto
  • hasil scan slip pembayaran asli dari bank
  • Berkas email diberi judul berformat :
  • [NAMA LENGKAP]#[ASAL SEKOLAH]#[NOMOR HANDPHONE]
    Contoh : MADE BAKTI#SMAN 1 BADUNG#08123456789
  1. Melakukan konfirmasi via SMS dengan format :
    [NAMA LENGKAP]#[ASAL SEKOLAH]#[NOMOR HANDPHONE]
    Contoh : MADE SUARDANA#SMAN 1 BADUNG#08123456789
    ke nomor 089651880510 (Putu Juan Dirga), tepat setelah biaya pendaftaran di transfer serta berkas pendaftaran dikirimkan ke email panitia.

Selanjutnya peserta dimohon menunggu verifikasi dari panitia dan akan dikonfirmasi balik setelah verifikasi selesai.

Setelah diverifikasi oleh panitia, peserta akan dikirimkan informasi yang berkaitan dengan proses registrasi ulang.

Peserta diwajibkan menunjukkan slip pembayaran yang asli kepada panitia pelaksana Olimpiade Kimia Udayana XX dan membawa pas foto ukuran 3 x 4 sebanyak 2 lembar pada saat registrasi ulang, satu jam sebelum acara dimulai.

Untuk Pendaftaran Silahkan lanjut ke web resmi

CP

Ketua:
I Putu Juan Dirga Atmaja
089651880510
ok.udayana@gmail.com

Iklan

1 Komentar »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: