Skip to content
Iklan

Pengenalan Metabolisme Gizi Dengan Ilmu Kimia


Asupan gizi merupakan salah satu hal yang perlu di perhatikan, karena hal tersebut akan sangat berdampak terhadap tubuh kita. Cabang utama dari ilmu kimia ialah Biokimia, dalam biokimia kita akan mempelajari bagaimana metabolisme tubuh manusia dari segi reaksi kimianya, tentu saja hal ini merupakan hal utama yang harus di pelajari, bahkan dalam kedokteran sekalipun.

Misalnya bagaimana gizi makro akan di cerna dan di ubah dalam tubuh menjadi senyawa lainnya. siapa saja yang mengubahnya, dimana diubahnya dan untuk apa di ubah. kita semua akan mempelajarinya sexara terperinci. Namun disini saya tidak akan berpanjang lebar seperti itu. disini akan dilakukan Pengenalan Metabolisme Gizi Dengan Ilmu Kimia.

Gizi utama manusia ini ada Protein, Karbohidrat dan lemak. 3 hal tersebut yang utama di perlukan dalam tubuh manusia (walaupun pastinya gizi mikro lainnya juga tetap di perlukan) . Banyak mitos yang membuat kita menghindari lemak sama sekali. padahal lemak itu tetap di perlukan dalam tubuh, hanya saja sumber lemaknya yang perlu di perhatikan. apakah yang didapat lemak baik atau lemak jahat.

Pengenalan Metabolisme Gizi Dengan Ilmu Kimia

Pertama ialah karbohidrat, karbohidrat ini merupakan sumber energi yang di gunakan dalam kehidupan sehari hari. Karena itulah makanan pokok di konsumsi sehari hari, seperti nasi contohnya nasi. Karbohidrat ini merupaan golongan yang bervariasi, jdi tidak semua karbohidrat itu sama, seperti polisakarida, monosakarida, dan lain lain. Bahkan serat sayuran termasuk dalam kategori karbohidrat. Namun sifat dari berbagai macam karbohidrat ini juga berbeda beda, ada yag sulit di cerna, ada yang mudah di cerna dan ada yang tidak bisa di cerna. Karbohidrat di cerna juga bertahap. ketika awal masuk mulut,  akan ada enzim amilase yang memecah amilum menjadi glukosa. dan seterusnya hingga karbohidrat menjadi energi

Pengenalan Metabolisme Gizi Dengan Ilmu Kimia

kedua ialah protein, Protein memiliki banyak sekali manfaat dan juga jenis yang berbeda beda, tapi utamanya. protein ini merupakan komponen penyusun jaringan di tubuh manusia. Protein ini juga dapat di metabolisme menjadi energi seperti halnya karbohidrat. Namun dalam berat yang sama, energi yang di hasilkan protein ini lebih sedikit. Oleh karena itu prioritas penggunaan Protein sebagai sumber energi berada di prioritas terakhir mulai dari karbohidrat, lemk barulah protein.

Pengenalan Metabolisme Gizi Dengan Ilmu Kimia

Ketiga, lemak. Lemak banyak ditakuti terutama oleh wanita, karena akut akan merusak penampilannya. tentu saja itu benar jika di konsumsi secara berlebihan. faktanya tubuh kita ini memerlukan lemak , bahkan kolesterol sekalipun. tapi pastinya dalam jumlah kecil. Lemak ini merupakan kumpulan dari asam lemak. lemak juga memiliki banyak jenisnya, diantaranya ada lemak jahat dan lemak baik atau lemak jenuh dan lemak tak jenuh. Lemak merupakan sumber energi kedua setelah karbohidrat. Oleh karena itu ketika berolahraga membakar lemak. DI perlukan waktu yang cukup lama, misalnya 45 menit latihan cardio (misalnya lari) , karena kemungkinan di 30 menit pertama , hasil dari olahraga hanya akan membakar karbohidrat dalam tubuh yang berupa gula darah. Ketika kadar gula darah sudah menipis, maka nanti lemak baru di pakai untuk pembakaran sebagai energi cadangan. Dan dalam jangka waktu panjang, misalnya pada orang yang kelaparan. setelah karbohidrat dalam tubuhnya menipis, lemak juga menipis. Protein dari otot akan di pakai sebagai sumber energi untuk kelangsungan hidup. dan hasilnya orang tersebut akan menjadi sangat kurus seperti tulang berbalut kulit saja

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: