Skip to content
Iklan

Isomer: Serupa tapi tak sama


Isómeros conformacionais

Serupa tapi tak sama

Apa itu isomer?

Isomer adalah senyawa yang berbeda dengan rumus molekul yang sama. Ada berbagai jenis isomer. Isomer dapat terutama dibagi menjadi dua kelompok sebagai isomer konstitusional dan stereoisomer. hmm mungkin nanti kita akan bahas tuntas semuanya. Untuk sekarang kita bahas untuk isomer konstitusional.

Isomer konstitusional atau struktural  adalah isomer dimana konektivitas atom berbeda dalam molekul.Bingung?

Kita lihat contoh dibawah

540px-Cis-trans_example.svg

2-Butena

Pada gambar adalah senyawa dari 2-butena, CH3CH=CHCH3, mirip bukan? inilah yang dinamakan isomer. Meskipun isomer Cis dan trans memiliki rumus molekul yang sama dan berat molekul, sifat fisik mereka berbeda. Makanya dikatakan serupa tapi tak sama, hehe

Isomer Cis

Molekul di mana dua atom yang sama berada di sisi yang sama dari ikatan rangkap dikenal sebagai isomer cis. Isomer cis memiliki titik didih lebih tinggi dibandingkan dengan isomer trans. Alasan untuk ini adalah gaya antarmolekul kuat dalam isomer cis. Misalnya pada 1,2-dikloroethene, ketika molekul yang cis, dua atom klorin elektronegatif berada di salah satu sisi molekul. Karena itu, sisi molekul akan memiliki sedikit muatan negatif, sementara sisi lain akan memiliki muatan sedikit positif. Oleh karena itu, molekul menjadi kutub dan interaksi dipol-dipol dapat terjadi antara molekul. Kekuatan-kekuatan ekstra antarmolekul pada isomer cis memberikan titik didih lebih tinggi dibandingkan dengan isomer trans.

Isomer Trans

Molekul dengan dua atom yang sama di sisi berlawanan dari ikatan rangkap dikenal sebagai isomer trans. Isomer Trans akan memiliki titik didih lebih rendah karena meskipun ada pemisahan muatan, molekul keseluruhan menjadi non polar. Tapi isomer trans memiliki titik lebur yang lebih tinggi. Isomer trans memiliki bentuk lurus, dan mereka dikemas dengan baik. Jadi energi yang lebih tinggi diperlukan untuk mencairkan molekul yang memberikan titik lebur yang lebih tinggi.

Jadi, apa perbedaan antara Isomer Cis dan Isomer Trans?

Molekul di mana dua atom yang sama berada di sisi yang sama dari ikatan rangkap dikenal sebagai isomer cis. Molekul dengan dua atom yang sama di sisi berlawanan dari ikatan rangkap dikenal sebagai isomer Trans.

  1. Isomer Cis bersifat polar, dan isomer Trans relatif non polar.
  2. Isomer cis memiliki titik didih yang lebih tinggi dibandingkan dengan isomer trans.
  3. Isomer Trans memiliki titik lebur yang lebih tinggi; Sebaliknya, molekul cis memiliki titik lebur yang lebih rendah.
  4. Molekul Trans dikemas baik daripada molekul cis.

 

Lalu ada ga sih kegunaannya di kehidupan dihari-hari? hmmm.. pernah mendengar lemak trans? apa sih itu? tunggu diartikel berikutnya ya 😉

 

 

Iklan

1 Komentar »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: