Skip to content
Iklan

Cegah Diabetes dengan Konsumsi Buah


Begitu banyak buah segar yang dapat dikonsumsi secara utuh seperti anggur, pir, apel, blueberry, dan masih banyak lagi. Ternyata buah-buahan tersebut dapat menekan resiko penyakit diabetes melitus. Namun, jangan dikonsumsi dalam bentuk jus sebab hal itu malah berdampak sebaliknya, bukannya mengurangi resiko diabetes melitus justru malah menambah kemungkinan seseorang terkena penyakit diabetes melitus.

Beberapa tim peneliti yang berasal dari Amerika Serikat, Singapura, dan Inggris mengamati data tiga penelitian yang cukup besar dimana mereka membahas tentang diabetes yang telah dilakukan Amerika Serikat selama seperempat abad ini. Sekitar lebih dari 187 ribu perawat serta profesional yang bergerak di bidang pelayanan kesehatan lain terlibat di dalam penelitian tersebut.

Semua responden dimonitor selama beberapa tahun secara berkala, lalu mereka juga menjawab pertanyaan mengenai pola makan, berat badan, aktivitas fisik, kebiasaan merokok, dan faktor gaya hidup yang lain. Hasilnya adalah kurang lebih 6-7 persen responden menderita diabetes dalam kurun waktu penelitian.

Sedangkan orang yang mengonsumsi sedikitnya 2 porsi sajian buah setiap minggunya seperti mengonsumsi apel, anggur dan blueberry ternyata memiliki resiko untuk terkena diabetes melitus 23 persen lebih rendah daripada dengan kurang mengonsumsi satu sajian buah setiap bulannya.

Qi Sun yang merupakan seorang asisten profesor yang bergerak di bidang gizi dan berasal dari harvard School or Public Health mengatakan bahwa hasil penelitian tersebut telah memberikan bukti bahwa buah-buahan tertentu ternyata memiliki efek khusus dalam menurunkan resiko diabetes. Sementara itu, mereka yang telah mengonsumsi satu atau lebih sajian jus buah setiap hari malah mengalami kenaikan untuk terkena resiko diabetes melitus sebesar 21 persen. Memang nilai gizi antara buah segar maupun dalam bentuk jus hampir sama bila dikonsumsi, namun perbedaan bentuk antara cair dan semi padat mempengaruhi hal tersebut.

Salah satu anggota peneliti tersebut mengatakan bahwa ciaran masuk langsung ke dalam saluran cerna lebih cepat daripada makanan padat meskipun nutrisinya sama. Seperti halnya jus buah yang menyebabkan perbuahan besar dan cepat yang terhadi dalam serum kadar glukosa serta insulin daripada dengan mengonsumsi buah secara utuh.

Pada buah-buahan tertentu seperti blueberry maupun anggur ternyata dinilai lebih kaya manfaat untuk dapat mencegah diabetes. Sebab, buah tersebut mengandung zat antosianin dimana ia dikenal untuk menurunkan resiko serangan jantung.

Sumber : kompas.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: