Dasar Dasar Struktur Atom I

Dalam ilmu kimia, hal terpenting yang perlu kita pelajari ialah mengenai atom. Atom merupakan unit terkecil dari materi. Namun atom juga masih memiliki beberapa komponen penyusun. Yaitu elektron, proton dan netron.

  • Elektron ialah bagian dari atom yang bermuatan negatif
  • Proton ialah bagian dari atom yang bermuatan negatif
  • Netron ialah bagian dari atom yang bermuatan netral
Atom Structure
Atom Structure (Photo credit: Wikipedia)

Setiap atom memiliki kombinasi jumlah yang berbeda dalam hal elektron, proton dan netron. Karena kombinasi itulah yang membedakan antara satu unsur dengan unsur lainnya.

Unsur dalam tabel periodik diurutkan berdasarkan dari nomor atomnya. Unsur yang di urutkan dalam tabel periodik memiliki beberapa hal penting yang perlu di ingat. seperti nomor massa dan nomor atom. Dalam menentukan nomor massa dan nomor atom, kita perlu mengetahui jumlah elektron, proton dan netron. berlaku juga sebaliknya.

Nomor massa adalah massa dari atom tersebut yang dapat dihitung dari jumlah Proton+netron

Nomor atom ialah jumlah proton dari atom tersebut. pada keadaan stabil, atom memiliki jumlah proton dan elektron yang sama.

Contoh :

sebuah atom memiliki 10 netron dan 12 proton. berapakah nomor massanya.?

Jawab

Nomr massa berarti netron + Proton yang berarti 10+12= 22 , Jadi nomor massanya 22

 

Aturan Ion

Dalam kimia kita juga mengenal bentuk ion. bentuk ion ialah sebuah unsur yang melepas atau mendapatkan elektron. Contohnya ialah Na+ , Cl-, dan sebagainya. unsur yang mendapatkan elektron sehingga bermuatan negatif disebut anion, sedangkan unsur yang melepaskan elektronnya sehingga bermuatan positif disebut kation.

Contoh soal: ada suatu atom X- memiliki elektron 10. Berpakah nomor atomnya.?

Jawab: elektron dari X- ialah 10. maka elektron dari X ialah 9. sedangkan pada unsur stabil jumlah elektron dan proton ialah sama. maka nomor atomnya ialah 9.

 

Selanjutnya

2 thoughts on “Dasar Dasar Struktur Atom I

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.