Karbondioksida pun dapat Hasilkan Energi Baru


CO2 emissions

CO2 emissions (Photo credit: freefotouk)

Saat ini, akhirnya para peneliti yang berasal dari University of Georgia telah menemukan cara untuk mengubah karbon dioksida yang terperangkap di dalam atmosfer menjadi produk industri yang berguna. Penemuan mereka dapat segera menciptakan biofuel yang dibuat langsung dari karbondioksida di udara yang bertanggung jawab untuk menangkap sinar matahari dan meningkatkan suhu global.

Michael Adams, anggota bioenergi Sistem UGA Research Institute,professor Georgia Power bioteknologi dan Profesor Research Distinguished biokimia dan biologi molekuler di College Franklin Seni dan Ilmu Pengetahuan.  mengatakan bahwa pada dasarnya apa yang dilakukan adalah membuat mikroorganisme yang dapat menyerap karbondioksida pada tanaman dan mengubahnya menjadi sesuatu yang berguna.

Selama proses fotosintesis, tumbuhan menggunakan sinar matahari untuk mengubah air dan karbondioksida mejadi gula yang digunakan oleh tumbuhan tersebut menjadi energi. Gula tersebut dapat difermentasi menjadi bahan bakar seperti etanol,namun masalahnya adalah sangat sulit untuk mengekstrak gula secara efisien. Adams mengatakan bahwa ia dapat mengambil karbondioksida langsung dari atmosfer dan mengubahnya menjadi produk yang berguna seperti bahan bakar dan bahan kimia tanpa harus melalui proses yang tidak efisien seperti melalui tumbuhan dan penggalian gula dari biomassa.

Proses tersebut memungkinkan untuk melibatkan mikrooganisme unik yang disbut Pyrococcus furiosus yang umumnya tumbuh subur di laut yang berdekatan dengan ventilasi panas bumi. Dengan memanipulasi matergi genetic organism, Adams dan rekan-rekannya menciptakan jenis P. furiosus yang mampu bertahan pada temperature yang lebih rendah dari karbondioksida.

Tim peneliti kemudian menggunakan gas hidrogen untuk menciptakan reaksi kimia dalam mikroorganisme yang menggabungkan karbondioksida ketiga hydroxypropionic acid, bahan kimia industri yang biasanya digunakan untuk membuat akrilik dan berbagai produk lainnya. Dengan memanipulasi genetik lain hasil saringan dari P. furiosus , Adams dan rekan-rekannya bisa membuat versi yang dapat menghasilkan sejumlah produk industri lainnya yang berguna, termasuk dalam pembuatan bahan bakar dan karbondioksida.

Ketika bahan bakar diciptakan melalui proses pembakaran dari P. furiosus , ia melepaskan jumlah yang sama  seperti karbondioksida gunakan untuk menciptakannya sehingga efektif dalam membuat karbon netral dan alternatif bahan bakar yang lebih bersih dibandingkan dengan bensin, batubara, dan minyak.

Beliau juga menambahkan bahwa ini juga merupakan langkah pertama yang penting dan menjanjikan sebagai metod yang efisien dan hemat biaya dalam produksi bahan bakar. Penelitian tersebut didukung oleh Departemen Energi sebagai bagian dari Electrofuels Program dari Advanced Research Projects Agency-Energy.

Sumber : sciencedaily.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s