H2S dan telur busuk

Hidrogen sulfida adalah senyawa kimia dengan rumus H2S. Ini adalah tidak berwarna gas dengan bau busuk karakteristik telur busuk; itu lebih berat dari udara, sangat beracun, korosif, mudah terbakar, dan meledak.

Hidrogen sulfida sering hasil dari prokariotik pemecahan bahan organik tanpa adanya oksigen gas, seperti di rawa-rawa dan selokan; Proses ini umumnya dikenal sebagai pencernaan anaerobik. H2S juga terjadi pada gunung berapi gas, gas alam, dan di beberapa sumber air sumur. Hal ini juga hadir dalam jenis garam karang alami garam batu, terutama di Himalaya Black Salt , yang sebagian besar dipanen dari kaya mineral Salt Rentang pegunungan Pakistan. The tubuh manusia memproduksi sejumlah kecil H2S dan menggunakannya sebagai molekul sinyal.

Dilarutkan dalam air, hidrogen sulfida dikenal sebagai asam hydrosulfuric atau asam sulfhydric, asam lemah.

Kimiawan Swedia Carl Wilhelm Scheele dikreditkan dengan memiliki menemukan hidrogen sulfida pada tahun 1777.

Ejaan British English senyawa ini adalah hidrogen sulfida, namun ejaan ini tidak dianjurkan oleh International Union of Pure dan Kimia Terapan atau Royal Society of Chemistry .

Pada 2015, hidrogen sulfida di bawah tekanan yang sangat tinggi (sekitar 150 gigapascals) ditemukan menjalani superkonduktor transisi dekat -70 ° C (-94 ° F), superkonduktor suhu tertinggi yang dikenal sampai saat ini.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.