merkuri itu sebenarnya apa ya? dan apa sih bahayanya?

Gambar

Merkuri? pasti para wanita sudah tidak asing lagi mendengar nama ini. Tentu saja, mercury ini selalu di sebut sebutkan oleh media bahwa kosmetik yang berbahaya dan di larang adalah kosmetik yang mengandung bahan merkuri di dalamnya. Tapi masih banyak produk produk yang bandel tetap memakai merkuri di dalamnya apalagi produk pemutih wajah. Nah sebenarnya apa sih itu merkuri? dan apa sih bahayanya? sebagai penutup akhir tulisan ini juga akan di berikan tips tips memilih kosmetik pemutih yang baik.

1. apa sih merkuri itu?

merkuri adalah cairan logam perak atau disebut air raksa (Hydrargyrum ). Logam ini adalah logam yang ada secara alami,satu-satunya logam pada suhu kamar (25°C) berwujud cair. Di dalam tabel periodik merkuri (Hg) dengan nomor atom 80 dan nomor massa 200.59. Merkuri merupakan unsur transisi dalam susunan tabel periodik unsur, di mana merkuri ada pada golongan II B dan periode 6. Logam murninya keperakan,cairan, tak berbau, dan mengkilap. Bila dipanaskan pada suhu 3570C akan menguap. Merkuri banyak ditemukan di alam dan tersebar dalam batu-batuan, biji tambang, tanah, air dan udara sebagai senyawa anorganik dan organik.

2. apa sih bahayanya ?

Cara kerja merkuri mempengaruhi enzim trikinase dalam menghambat tirosin sehingga pembentukan melanin tidak terjadi sehingga kulit mencerah atau lebih putih. Tujuan penggunaannya merkuri ini adalah agar dapat menghilangkan atau mengurangi hiperpigmentasi pada kulit, tetapi kita harus tau nih, jika terus menerus justru akan menimbulkan pigmentasi dengan efek permanen. . Trus bahayanya? Nah, Pemakaian merkuri secara terus menerus itu memang awalnya menjadikan kulit mulus, namun kemudian merkuri itu mengendap di bawah kulit. Setelah bertahun-tahun baru kulit kita bakalan rusak, akan biru kehitaman bahkan dapat memicu timbulnya kanker. bahaya banget kan ? dan juga dapat memperlambat pertumbuhan janin, mengakibatkan keguguran (Kematian janin dan Mandul), Flek hitam pada kulit akan memucat (seakan pudar) dan bila pemakaian dihentikan, flek itu dapat / akan timbul lagi & bertambah parah (melebar).

satu lagi nih, di antara berbagai macam logam berat yang ada, merkuri dan turunannya disebut sebagai bahan pencemar paling berbahaya. Semua senyawa Hg bersifat toksik untuk makhluk hidup bila memajan makhluk hidup dalam jumlah yang cukup dan dalam waktu yang lama. Senyawa Hg akan tersimpan dan terakumulasi secara permanen di dalam tubuh, yaitu terjadi inhibisi enzym dan kerusakan sel sehingga kerusakan tubuh dapat terjadi secara permanen (WHO, 1976)

serem banget loh pemakaian produk pemutih yang tidak jelas mereknya apalagi yang berharga sangatlah murah. itu patut di curigai bisa bisa didalamnya mengandung merkuri dan mengandung bahan bahan yang tidak aman /steril. ujung ujungnya bukan wajah menjadi cantik malah wajah menjadi rusak.

tips memilih kosmetik buat para wanita agar tidak terjebak dengan kosmetik yang berbahaya.

CIRI CIRI PRODUK BERBAHAYA. LANJUT DI HALAMAN 2

Halaman 1 2

19 thoughts on “merkuri itu sebenarnya apa ya? dan apa sih bahayanya?

  1. Tapi kok katanya semua bahan untuk kosmetik pasti ada mercury nya tapi dalam konsentrasi rendah pasta gigi pun mengandung mercury kata orang2.
    Apa mungkin ya?

  2. mau tanya dong kak. cara mendegradasi merkuri itu gimana? katanya pake jamur rhizophus cerevicae itu bisa ya kak? itu benar apa nggak?. trus untuk pencemaran, apa aja sih indikasi pencemaran merkuri di laut?

  3. Ya.. Memang kalau di jadikan kosmetik itu bebahaya.. Tapi saat masih dalam wujud cair, Raksa atau merkuri itu merupakan cairan kedap.. Yang tak masalah terrsentuh kulit.. Biasanya di gunakan untuk mengukur volume benda tak tentu..

    1. Ya betul. Karena memang banyak bahan bahan yang disalah gunakan. Seperti borax , formalin , dll.

      Bukannya bahan tersebut berbahaya mutlak. Tapi penggunaan tidak pada tempatnya. Terkesan jadi bahan bahan yang negatif. Padahal manfaat lainnya juga banyak

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.