Campuran memang adalah materi yang tersusun dari dua jenis zat murni atau lebih dan masih memiliki sifat-sifat dari zat penyusunnya. Kebanyakan materi yang berada di alam ini tidak murni, melainkan masih berupa campuran. Seperti halnya udara yang kita hirup setiap hari sampai air laut yang berada di samudera. Udara sendiri terdiri dari beberapa macam zat seperti oksigen, nitrogen, uap air dan yang lainnya. Sedangkan air terdiri dari air, garam, dan zat yang lainnya.

Untuk memperoleh zat murni, kita harus memisahkannya dari campurannya. Prinsip pemisahan campuran didasarkan pada perbedaan sifat-sifat fisis zat penyusunnya, diataranya seperti wujud zat, ukuran partikel, titik leleh, titik didih, sifat magnetik, kelarutan, dan lain sebagainya. Berikut ini adalah beberapa metode dalam memisahkan campuran.

1. Filtrasi (penyaringan)

Proses filtrasi

Filtrasi adalah metode pemisahan yang digunakan untuk memisahkan cairan dan padatan yang tidak larut dengan menggunakan penyaring (filter) berdasarkan perbedaan ukuran partikel. Sebagai contoh menyaring air yang bercampur pasir disaring dengan kertas saring sehingga pasir akan tertinggal di kertas saring.

2. Dekantasi

dekantasi

Dekantasi dapat digunakan sebagai salah satu alat alternatif selain filtrasi untuk memisahkan cairan dan padatan. Dekantasi dilakukan dengan cara menuang cairan secara perlahan-lahan, dengan demikian padatan akan tertinggal di dalam wadah tersebut. Metode jenis memang terbilang lebih cepat daripada filtrasi, namun hasilnya masih kurang efektif. Hasil akan menjadi lebih efektif bila ukuran zat padat jauh lebih besar, misalnya campuran air dengan kerikil.

3. Sentrifugasi
sentrifugasi
Metode jenis ini sering dilakukan sebagai pengganti filtrasi bila partikel padatan sangat halus dan jumlah campurannya lebih sedikit.  Metide sentrifugasi digunakan secara luas untuk memisahkan sel-sel darah dan sel-sel darah putih dari plasma darah. Dalam hal ini, padatan adalah sel-sel darah dan akan mengumpul di dasar tabung reaksi, sedangkan plasma darah berupa cairan berada di bagian atas.

4. Evaporasi (evaporasi)
evaporasi
Jika garam dicampur dengan air akan terbentuk larutan, larutan tersebut tidak dapat dipisahkan dengan metode filtrasi maupun sentrifugasi. Metode yang digunakan untuk memisahkan zat padat yang terlarut dari larutannya disebut evaporasi. Sebagai contoh adalah larutan garam, larutan dipanaskan secara perlahan dengan uap air. Selama pemanasan, air dibiarkan menguap perlahan-perlahan hingga habis dan meninggalkan kristal garam sebagai residu.

5. Distilasi (penyulingan)
distilasi
Distilasi adalah metode pemisahan campuran zat cair dari larutannya berdasarkan perbedaan titik didih. Jika larutan dipanaskan, maka komponen titik didihnya yang lebih rendah akan menguap terlebih dahulu. Dalam kehidupan sehari-hari proses penyulingan digunakan sebagai pemisahan air tawar dan air laut, pembuatan etanol atau alkhol, dan proses pemisahan minyak bumi.
distilasi minyak bumi

6. Corong pisah
corong pisah

Campuran dua jenis zat cair yang tidak saling melarutkan dapat dipisahkan dengan corong pisah lalu didiamkan selama beberapa saat sampai membentuk dua lapisan terpisah. Contohnya adalah seperti pemisahan air dengan minyak

7. Kromatografi
kromatografi

Kromatografi merupakan pemisahan campuran yang terjadi karena perbedaan kelarutan zat-zat dalam pelarut serta perbedaan penyerapan (adsorbsi) kertas terhadap zat-zat yang ingin dipisahkan. Suatu zat yang lebih dahulu larut dalam pelarut dan kurang terabsorbsi pada kertas akan bergerak lebih cepat.

Dalam kehidupan sehari-hari kromatografi berguna untuk :

  • Menguji apakah bahan pewarna yang digunakan dalam makanan aman untuk dikonsumsi
  •  Menguji tinta yang digunakan pada pemalsuan dokumen seperti surat, cek dan giro
  • Menguji apakah terdapat obat terlarang dalam urin atlet atau penyalahgunaan narkoba
  • Memeriksa apakah pestisida yag terdapat pada sayuran atau buah-buahan masih dalam batas aman

8. Sublimasi

sublimasi

Sublimasi merupakan metode pemisahan campuran sesama zat padat berdasarkan perubahan wujud zat. Zat padat yang menyublim (berubah wujud menjadi gas atau sebaliknya) dapat dipisahkan dengan campurannya dengan zat padat yang tidak dapat menyublim menggunakan metode sublimasi. Contohnya seperti campuran iodin dengan garam dapat dipisahkan dengan cara pemanasan. Campuran dipanaskan di dalam wadah cawan yang ditutp dengan corong terbalik. Iodin akan menyublim dan menjadi uap, tapi pada saat menyentuh permukaan corong, uap iodin menyublim kembali menjadi padatan yang menempel pada permukaan corong sehingga dapat dipisahkan dengan padatan garam.

9 Ekstraksi (penyarian)
ekstraksi

Pemisahan campuran dengan metode ekstraksi terjadi atas dasar perbedaan kelarutan zat terlarut di dalam pelarut yang berbeda. Ekstraksi sering dilakukan untuk mengambil sari dari suatu tumbuhan.

10 Rekristalisasi

Kristalisasi Air

Kristalisasi ialah pemisahan campuran dengan cara mengkristalkan atau mengendapkan zat terlarut dalam larutan yang tadinya berupa cairan juga. Biasanya kristalisasi ini menggunakan suhu rendah untuk membuat cairannya mengendap. Sedangkan rekristalisasi ialah suatu proses kristalisasi ulang. misalnya kita mendapatkan kristal, namun kristal tersebut belum murni. untuk mendapatkan kristal yang lebih murni dilakukan rekristalisasi. rekristalisasi dilakukan dengan cara melarutkan kristal dalam pelarut kemudian mengkristalkannya kembali

Sumber : Johnson S., M.M, Kurikulum 2004 Sains Kimia SMP kelas VII, Erlangga, Bandung

About these ads

»

  1. zarro mengatakan:

    terimakasih, ini sangat bermanfaat :D

  2. luthfi mengatakan:

    terimakasih ya telah membantu

  3. sii bunda pesek mengatakan:

    makasih :)

  4. toto asgiarto mengatakan:

    masuk materi ujian skolah.
    jadi mempermudah belajar.
    maturnuwun. :)

  5. Agis mengatakan:

    Wah ini sangat membantu sekali untuk pembelajaran ipa
    Thanks ya.. ;)

  6. madinab mengatakan:

    tolong bantu saya ya,pleaseeeeeeeeeeeee
    1.mengapa ya saat pembuatan garam dapur,garam dipanen sebelum air menguap hingga kering?
    2.apakah garam dapur dapat diperoleh dengan mendinginkan larutan jenuhnya?

    • krisnadwi mengatakan:

      1. Mohon maaf kami tidak mengetahui tentang permasalahan teknisnya. Yang dipanen apakah hanya garamnya saya? Mungkin karena banyak pengotor yang masih terlarut di air dan kalau nanti sampai kering banyak pengotor yang menjadi padatan.(hanya dugaan)
      Yang tau silahkan menambahkan

      2. Iya bisa. Larutan lewat jenuh bisa di dinginkan. Hal tersebut menggunakan metode kristalisasi. Bisa dilihat pada artikel kami. http://bisakimia.com/2013/02/08/pemisahan-campuran-rekristalisasi/

  7. riza mengatakan:

    mkseh bro

  8. inggit mengatakan:

    terima kasih banyak , blognya sangat bermanfaat dan membantu saya mengerjakan tugas kimia =D

  9. Resa Raka mengatakan:

    thanks ya,butuh banget nih file….. :D

  10. Intan mengatakan:

    Gomawo atas info di atas… Sangat berguna banget… Apalagi mudah di hapal lagi… Sekali lagi gomawo yaa… :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-):-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-)

  11. Axel mengatakan:

    cara memisakan molekul air bagaimana?

  12. adan mengatakan:

    makasih telah membantu kami semuanya,,,,,

  13. Novalia mengatakan:

    blog nya bermanfaat banget, thanks :)

  14. Mutia Aprilianti mengatakan:

    Maaf sblmnya,, kok ga ad macam-macam destilasi-nya??? Pdhl saya butuh bngt.

  15. […] Hubungan Corong Pisah dengan Ekstraksi? pada artikel pemisahan campuran , telah sedikit di singgung mengenai ekstraksi. […]

  16. […] mengambil zat terlarut dalam pelarut. Seperti yang telah secara singkat di jelaskan pada artikel pemisahan campuran . Biasanya ekstraksi dalam kegiatan komersil dilakukan untuk mengambil senyawa organik tertentu […]

  17. […] paling mudah dan sederhana ialah Dekantasi. Sebelumnya telah di bahas secara singkat dalam artikel pemisahan campuran, disini kita akan membahasnya lebih […]

  18. revania mengatakan:

    ada yg tau cara memisahkan pasir dan timah

  19. Faviola Byrn mengatakan:

    Obviously essentially the most excellent way to stay away from getting selected up by a contact reaper is not to set your email anywhere on the website along with
    on the own. Gmail – Gmail is internet based e-mail system
    from the net giant Google. Free anti spam software can
    assist you to drive out unwanted emails or spam mails.

  20. ARVENHEMB mengatakan:

    makasih atas info nya :) :D :P

    SALAM KENAL ;)

  21. Ni Komang Ayu Srimaharani mengatakan:

    Wahh, suksma banget, karna blog ini sangat membantu saya dalam membuat tugas fisika ! Semoga blog ini bisa selalu bermanfaat ! Suksma banget :)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s