Pemisahan Campuran : Dekantasi

Salah satu cara pemisahan yang paling mudah dan sederhana ialah Dekantasi. Sebelumnya telah di bahas secara singkat dekantasidalam artikel pemisahan campuran, disini kita akan membahasnya lebih lanjut.

Dekantasi adalah suatu cara pemisahan antara larutan dan padatan yang paling sederhana yaitu dengan menuangkan cairan perahan-lahan sehingga endapan tertinggal dibagian dasar bejana. Cara ini dapat dilakukan jika endapan mempunyai ukuran partkel yang besar dan massa jenisnyapun besar, sehingga dapat terpisah dengan baik terhadap cairannya. Jika massa jenis dan dengan ukuran partikel relatif kecil sehingga ada sebagan padatan yang melayang atau mengapung maka cara pemisahan yang paling tepat adalah dengan penyaringan atau sentrifugasi

Contoh dekantasi ialah antara air dan pasir atau campuran suspensi lain antara padatan dan cairan. Bahkan sebenarnya dekantasi juga bisa dilakukan antara 2 cairan yang ditak bercampur seperti air dan minyak.Contoh campuran yang bisa dipisahkan terlihat seperti pada gambar di bawah.

campuran polar nonpolar

 

Namun ternyata ada juga lat dekantasi canggih dan modern yang terlihat seperti di sebuah situs luar negeri ini.

5 thoughts on “Pemisahan Campuran : Dekantasi

  1. Ping-balik: IPA Terpadu 9 Kimia |

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.