Pemisahan Campuran : Sublimasi

Sublimasi

Proses sublimasi sangat mirip dengan proses distilasi. Istilah distilasi digunakan untuk perubahan dari cairan menjadi uap setelah mengalami pendinginan berubah menjadi cairan atau padatan. Sedangkan sublimasi adalah proses dari perubahan bentuk padatan langsung menjadi uap tanpa melalui bentuk cair dan setelah mengalami pendinginan langsung terkondensasi menjadi padatan kembali.

diagram fasa                                (www.teamonslaught.fsnet.co.uk)

Garis antara solid dan liquid merupakan kurva keseimbangan antara cairan dan uap, Garis antara liquid dan gas merupakan kurve keseimbangan antara gas dan cair, sedangkan garis antara solid dan gas merupakan garis keseimbangan antara padatan dan gas. Ketiga  kurva berpotongan di satu titik yang disebut titik Triple dimana ketiga fasa dalam keseimbangan

Titik leleh normal suatu senyawa ialah suhu dimana padatan dan cairan  berada pada keseimbangan pada tekanan 1

Fun with dry ice. We received a package today ...
Fun with dry ice. We received a package today that was packed with some dry ice. Oh, instant fun. (Photo credit: Wikipedia)

atmosfer. Jika pada sistem tersebut tekanan diturunkan sampai mencapai dibawah titik triple, maka zat dari keadaan uap dapat langsung terkondensasi menjadi padatan atau sebaliknya, proses ini disebut menyublim. Pada beberapa zat, tekanan  uapnya pada titik triple berada pada suhu kamar sehingga zat tersebut dapat mengalami sublimasi pada suhu kamar. Misalnya saja kamfer pada titik triple suhunya 79C dan tekanan uapnya 370 mmHg. Karbon dioksida (CO2) pada titik triple suhunya 56,4C dan tekanan uapnya 5,11 atm.

Pada beberapa senyawa, tekanan uap pada titik triple sangat rendah. Misalnya benzena pada titip triple tekanannya 6mmHg dan suhunya 122C, Naftalen pada titik triple tekanannya 7mmHg dan suhunya 80C. Karena tekanan uapnya sangat rendah, maka pada tekanan atmosfer zat tersebut dalam bentuk cairan sehingga kurang baik untuk disublimasikan. Agar sublimasi dapat dilakukan maka tekanan pada permukaan cairan harus diturunkan dengan cara di vakumkan.

Teknik pemisahan dengan cara sublimasi sering dilakukan untuk beberapa senyawa organik. Contohnya AlCl3, NH4Cl, I2, As2O3 dll

Sumber ( Sunardi.2004. Diktat Kuliah cara cara pemisahan. Depok: Dept Kimia FMIPA UI )

2 thoughts on “Pemisahan Campuran : Sublimasi

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.