Posted on Leave a comment

Komposisi Pembuatan Medali Olimpiade

​Jika kalian pernah menonton Olimpiade, kalian mungkin berasumsi bahwa medali diberikan seperti yang diiklankan, terbuat dari emas, perak, dan perunggu. Karena logam-logam itu bernilai, namun kenyataannya  sedikit lebih rumit. Memberikan medali emas murni akan  melumpuhkan keadaan finansial Komite Olimpiade Internasional, sehingga tidak mengejutkan beberapa kebijakan yaang diambil. Mari kita lihat uraian  perbedaan logam yang digunakan berikut.
1. Medali emas
Medali emas di Olimpiade sebenarnya belum 100% emas sejak 1912 Olimpiade di Stockholm. Semenjakjak itu, mereka membuat medali dengan komponen utama yang terbuat dari perak dan plating emas di atas untuk memberikan  penampilan yang diharapkan. Pada Olimpiade Rio, medali terdiri dari 98,8% perak (dengan kemurnian 92,5%), dengan plating emas (99,9% kemurnian) membuat up hanya 1,2% (6 gram) dari medali 500 gram. Kadar emas  yang perlu diperhatikan adalaj sepenuhnya bebas dari  pengotor merkuri.
Komposisi  bervariasi di antara Olimpiade yang berbeda; misalnya, di Olimpiade 2012 London medali emas terdiri dari emas (1%), perak (92%) dan tembaga (7%). Nilai  medali emas Olimpiade Rio, berdasarkan komposisi logam, adalah sekitar $ 565. Sangat kontras sekali perbedaannya bila menggunakan emas murni: nilai pasar saat ini akan menjadi $ 21.200!
2. Medali perak
Medali perak di Olimpiade Rio sebenarnya seperti yang diiklankan, seluruhnya terdiri dari perak (dengan kemurnian 92,5%). Hal ini berbeda dengan Olimpiade London 2012, di mana medali perak adalah 93% perak dan 7% tembaga. Sekitar 30% dari perak yang digunakan dalam medali Rio diperoleh dari sumber daur ulang, termasuk piring X-ray, suku cadang mobil, dan cermin. Nilai medali perak berdasarkan kandungan logam adalah sekitar $ 315.
3. Medali perunggu
Menurut Brasil Mint, yang menghasilkan medali untuk permainan Rio, medali perunggu terdiri dari 95% tembaga (dari 93,7% kemurnian) dan 5% seng. Pada game London 2012, komposisi sedikit berbeda, pada 97% tembaga, 2,5% seng, dan 0,5% timah. Untuk medali Rio, sekitar 40% dari tembaga itu bersumber dari bahan daur ulang di mint itu sendiri, menggunakan limbah tembaga dari biasanya proses koin minting mereka. Dari segi nilai moneter, medali perunggu bernilai jauh lebih sedikit daripada baik emas dan medali perak, datang pada hanya $ 2,38 menggunakan nilai pasar saat ini.

sumber: http://www.compoundchem.com

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.