Percobaan Membuat Lampu Lava (Lava Lamp) Sederhana

Percobaan Membuat Lampu Lava (Lava Lamp) Sederhana ini mungkin sebelumnya pernah kami buat juga. Namun kali ini Bisakimia kemas dengan lebih bagus lagi, mulai dari kualitas kamera, peralatan serta bahan yang digunakan. langsung saja kita ulas video di atas ya !

Alat dan Bahan :

  • Air
  • Tablet Effervescent
  • Minyak
  • Air
  • Pewarna (tambahan)
  • Botol

Cara membuatnya :

  1. masukkan air dan minyak ke dalam botol (komposisi minyak lebih banyak, sekitar 75%)
  2. Tambahkan pewarna makanan (larut air) sekitar 5 tetes cukup
  3. Potong potong kecil tablet effervescent , kemudian masukkan satu
  4. Lihat bagaimana reaksinya. jika ingin lebih bagus lagi letakkan lampu di bawahnya dan di bawa di tempat gelap. sekaligus masukkan beberapa potong tablet effervescent

Pembahasan :

Pertama kita memasukkan air dan minyak dengan komposisi minyak lebih banyak dengan tujuan agar nantinya reaksi akan terlihat lebih indah karena air akan terlempar ke atas melalui minyak. Minyak dan air tidak bisa bersatu dengan sendirinya karena air bersifat polar sedangkan minyak bersifat non polar. kemudian kenapa di gunakan pewarna larut air, karena pewarna tersebut hanya akan memberi warna kepada air saja, tidak kepada minyak. Digunakan tablet effervercent karena tablet tersebut akan larut dalam air dan melepaskan gas CO2 . Karena inilah saat tablet dimasukkan , banyak air yang terikut ke atas juga.

Mudah bukan untuk di coba Percobaan Membuat Lampu Lava (Lava Lamp) Sederhana ini. Jika ada pertanyaan silahkan berkomentar

4 thoughts on “Percobaan Membuat Lampu Lava (Lava Lamp) Sederhana

  1. Apakah vitamin C sejenis dengan tablet effervercent min?

    Selain dengan tablet effervercent dapat juga menggunakan baking soda, tapi mengapa gelembung yang dihasilkan lebih sedikit ya min?

Tinggalkan Balasan