Posted on Leave a comment

TETRASIKLIN? Coba lihat giginya :D

cartoon-pills-300x284sumber gambar

Apa sih tetrasiklin? hmmmm

Tetrasiklin (tetracycline) adalah antibiotik, anti mikroba, aktif terhadap bakteri gram negatif mapun gram positif. yang diperolah denga cara deklorrinasi klortetrasiklina, reduksi oksitetrasiklina, atau dengan fermentasi. *Jangan mabok dulu bacanya ^^

Antibiotik? tetrasiklin ini obat? terus?

Yap, obat ini berfungsi untuk mengobati infeksi yang disebabkan oleh bakteri dengan menghentikan pertumbuhan bakteri. Obat ini tidak akan berfungsi untuk mengatasi infeksi yang disebabkan oleh virus, seperti flu dan pilek. (alodokter.com) dan adapun kegunaan lainnya seperti infeksi Kulit dan jaringan lunak, Infeksi saluran pernapasan, infeksi telinga, hidung, tenggorokan, Infeksi saluran kemih dan kelamin, Infeksi pada saluran pencernaan, demam tifoid, dan tetrasiklin (tetracycline) adalah antibiotik lini pertama untuk pengobatan  Rickettsia , Lyme desease ( B. burgdorferi ) , demam Q ( Coxiella ) , psittacosis dan limfogranuloma venereum ( Chlamydia ) , Mycoplasma pneumoniae dan nasal carriage meningococci (farmasiana.com)

Seperti apa sih senyawana?

250px-Tetracyclines2DCSD2.svg.png

Tetracycline

Senyawa-senyawa yang termasuk kelompok tetrasiklin mempunyai kerangka dasar karbon dari naftasen C-18 yang terhidrogenasi secara parsial, oleh karena itu disebut juga kerangka hidronaftasen.Tetrasiklin merupakan basa yang sukar larut dalam air, tetapi bentuk garam natrium atau garam HClnya mudah larut. Dalam keadaan kering, bentuk basa dan garam HCl tetrasiklin bersifat relatif stabil. Dalam larutan, kebanyakan tetrasiklin sangat labil sehingga cepat berkurang potensinya.

hhhmmmmm ada efek sampingnya ga? siap-siap yah! 😀

tetracycline_staining_close_up

Side effect

Kira-kira kenapa yang bisa seperti ini?

Tetrasiklin mengandung gugus-gugus hidroksil, dimana gugus tersebut akan membentuk ikatan bila dikombinasikan dengan Ca++ sebagai unsur-unsur pembentuk gigi. Tetrasiklin dapat mengikat kalsium secara irreversible, kemudian berikatan dengan kristal hidroksiapatit baik di dentin maupun enamel. Juga, mempunyai kemampuan membentuk kompleks atau ikatan dengan kristal hidroksiapatit dalam gigi sehingga mengakibatkan terbentuknya senyawaorthocalcium phosphat complex phosphat complex yang tertimbun pada gigi dan menyebabkan perubahan warna pada gigi. Dentin ditunjukkan sebagai jaringan yang paling sulit untuk berubah warna daripada enamel jika melalui plasenta.

Yap, salah satu efek sampingnya adalah seperti gambar diatas, jadi hati-hati yah bila mengkonsumsi obat ini. hmmm kira-kira disini ada yang punya pengalaman dengan obat ini? coba komen yaaa 😀

 

 

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.