Skip to content
Iklan

Alasan Mengapa Yoghurt merupakan Minuman Sehat


Yoghurt and raspberries

Yoghurt and raspberries (Photo credit: Wikipedia)

Berikut ialah 10 alasan mengapa yoghurt sangat pantas di sebut sebagai minuman yang menyehatkan.

1 . Yogurt lebih mudah dicerna daripada susu .

Banyak orang yang tidak dapat meminum susu, baik karena protein alergi atau intoleransi laktosa , namun dapat menikmati yoghurt . Proses kultur membuat yoghurt lebih mudah dicerna daripada susu . Para biakan aktif menciptakan laktase , enzim laktosa (kurang dimikili orang intoleran), dan enzim lain yang terkandung dalam yogurt ( beta – galaktosidase ) juga membantu meningkatkan penyerapan laktosa pada orang yang kekurangan laktase . Enzim bakteri yang diciptakan oleh proses kultur , sebagian mencerna protein kasein susu , sehingga lebih mudah untuk menyerap . Dalam praktik pediatrik , kami telah mengamati bahwa anak-anak yang tidak dapat mentoleransi susu sering dapat makan yoghurt tanpa masalah usus . Sementara jumlah yang bervariasi antara merek yogurt , secara umum , yogurt memiliki lebih sedikit laktosa daripada susu . Proses kultur sudah mengurai gula laktosa susu menjadi glukosa dan galaktosa , dua gula yang mudah diserap oleh orang dengan laktosa intoleran .

2 . Yogurt memberikan kontribusi untuk kesehatan usus besar .

Ada pepatah medis yang menyatakan : ” Kau hanya sehat seperti ususmu . ” Ketika makan yogurt , Anda berarti peduli pada usus Anda dalam dua cara . Pertama , yoghurt mengandung lactobacteria ,bakteri baik yang membuat usus besar menjadi sehat , dan bahkan menurunkan risiko kanker usus besar . Lactobacteria , terutama acidophilus , mendorong pertumbuhan bakteri sehat dalam usus dan mengurangi konversi empedu menjadi asam empedu karsinogenik . Semakin banyak bakteri ini usus -friendly yang hadir dalam usus Anda , semakin rendah kemungkinan penyakit usus . Pada dasarnya, bakteri bersahabat dalam yoghurt tampaknya menonaktifkan zat berbahaya (seperti nitrat dan nitrit sebelum mereka akan dikonversi ke nitrosamin ) sebelum mereka dapat menjadi karsinogenik .

Kedua , yoghurt merupakan sumber yang kaya kalsium – mineral yang memberikan kontribusi untuk kesehatan usus dan mengurangi risiko kanker usus besar . Kalsium menghambat pertumbuhan berlebih dari sel-sel lapisan usus , yang dapat menempatkan seseorang pada risiko tinggi untuk kanker usus besar . Kalsium juga mengikat produksi zat yang membuat iritasi dinding usus besar . Orang-orang yang memiliki asupan tinggi kalsium ( misalnya negara-negara Skandinavia ) memiliki tingkat kanker kolrektal yang lebih rendah . Satu studi menunjukkan bahwa asupan rata-rata 1.200 miligram kalsium per hari dikaitkan dengan penurunan 75 persen dari kanker kolorektal .

 

3 . Yogurt meningkatkan bioavailabilitas nutrisi lainnya .

Kultur yoghurt meningkatkan penyerapan kalsium dan vitamin B – . Asam laktat dalam yoghurt membantu dalam pencernaan kalsium susu , sehingga lebih mudah untuk menyerap .

 

4 . Yogurt dapat meningkatkan kekebalan tubuh .

Para peneliti yang mempelajari 68 orang yang makan dua cangkir yogurt – budaya setiap hari selama tiga bulan menemukan bahwa orang-orang ini menghasilkan tingkat yang lebih tinggi dalam kekebalan interferon . Kultur bakteri dalam yogurt juga telah menunjukkan dapat merangsang melawan infeksi sel darah putih dalam aliran darah . Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa yoghurt mengandung faktor yang memiliki efek anti – tumor pada hewan percobaan .

5 . Yogurt membantu penyembuhan setelah infeksi usus .

Beberapa gangguan pencernaan seperti virus dan alergi dapat melukai lapisan usus , terutama sel-sel yang memproduksi laktase . Hal ini menyebabkan masalah penyerapan laktosa . Inilah sebabnya mengapa anak-anak sering tidak bisa mentolerir susu untuk satu atau dua bulan setelah infeksi usus . Yogurt,  karena mengandung lebih sedikit laktosa dan lebih banyak laktase , biasanya ditoleransi dengan baik pada saat penyembuhan usus dan merupakan “makanan penyembuh ” untuk diare . Banyak dokter anak merekomendasikan yoghurt untuk anak-anak yang menderita berbagai bentuk gangguan pencernaan . Penelitian menunjukkan bahwa anak-anak lebih cepat pulih dari diare ketika makan yogurt . baik untuk makan yoghurt saat mengkonsumsi antibiotik . Yoghurt akan meminimalkan efek dari antibiotik pada bakteri bersahabat dalam usus .

6 . Yogurt dapat menurunkan infeksi jamur .

Penelitian telah menunjukkan bahwa makan delapan ons yoghurt yang mengandung kultur hidup dan aktif setiap hari mengurangi jumlah koloni ragi dalam vagina dan mengurangi  infeksi jamur vagina .

7 . Yogurt merupakan sumber yang kaya kalsium .

Sebuah porsi 8 ons yogurt yang  menyediakan 450 mg . kalsium , satu-setengah dari RDA anak dan 30 sampai 40 persen dari RDA dewasa untuk kalsium . Karena kultur hidup – aktif dalam yoghurt meningkatkan penyerapan kalsium , dengan porsi 8 ons yogurt mendapatkan lebih banyak kalsium ke dalam tubuh daripada volume yang sama dari susu kaleng .

8 . Yogurt merupakan sumber protein yang sangat baik .

Yogurt plain mengandung sekitar 10-14 gram protein per delapan ons , yang berjumlah dua puluh persen dari kebutuhan protein harian bagi kebanyakan orang . Bahkan , delapan ons yoghurt yang mengandung kultur hidup dan aktif , mengandung 20 persen lebih banyak protein dari volume yang sama dari susu ( 10 gram dibandingkan dengan 8 gram ) . Selain menjadi sumber yang kaya protein , pemeliharaan dan perkembangan protein susu selama fermentasi membuat protein ini mudah dicerna .

9 . Yogurt dapat menurunkan kolesterol .

Ada beberapa studi yang telah menunjukkan bahwa yogurt dapat mengurangi kolesterol darah . Ini mungkin karena budaya hidup dalam yogurt dapat mengasimilasi kolesterol atau karena yoghurt mengikat asam empedu , (yang juga telah ditunjukkan untuk menurunkan kolesterol ) , atau keduanya .

 

Iklan

2 Comments »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s