Skip to content
Iklan

FAKTA KIMIA


FAKTA KIMIA

Dalam kimia, sangat banyak hal yang sangat menarik yang bias kita temukan. Baik itu penemua-penemuan baru, percobaan-percobaan, dan banyak hal lainya. Di antara itu ada fakta-fakta unik dari kimia yang diantaranya adalah :

1. Rata-rata hampir 78% otak manusia terdiri dari air.

Otak Manusia

Otak Manusia

Ternyata bukan hanya tubuh kita saja yang sebagian besar terdiri dari air. Otak kita juga sebagian besar tersusun dari air seperti pada table di bawah ini.

Komposisi Otak

Persentage (%)

Air

77 to 78

Lemak

10 to 12

Protein

8

Karbohidrat

1

Zat Organik terlarut

2

Garam Anorganik

1

2. Benda kimia yang paling keras dalam tubuh manusia adalah email gigi.

Susunan Gigi

Susunan Gigi

Email gigi adalah substansi yang paling keras dalam tubuh manusia yang terdiri dari mineral sekitar 96%, dan sisanya berupa air dan bahan-bahan organik. Mineral utama yang membentuknya adalah hidroksiapatit, yang merupakan kristal kalsium fosfat. Email terbentuk pada gigi ketika gigi berkembang dalam gusi, sebelum tumbuh keluar. Setelah terbentuk sempurna, email tidak mengandung pembuluh darah atau saraf.

Email tidak mengandung kolagen, seperti yang ditemukan dalam jaringan keras lain seperti dentin dan tulang, tetapi mengandung dua kelas unik protein – amelogenins dan enamelins. Sementara peran protein ini tidak sepenuhnya dipahami, diyakini bahwa mereka membantu dalam pengembangan email dengan melayani sebagai kerangka kerja untuk pembentukan mineral. Setelah matang, email hampir sama sekali tidak memiliki bagian organik lembut.

3. Satu-satunya huruf yang tidak muncul pada tabel periodik adalah J.

Coba perhatikan baik-baik Tabel Periodik Unsur di bawah ini dan cobalah cari jika benar ada huruf J pada unsur-unsur kimia.

Tabel Periodik Unsur

4. Mars berwarna merah karena permukaannya banyak mengandung oksida besi atau karat.

Planet Mars terlihat berwarna kemerahan.

Mars adalah planet terdekat keempat dari Matahari. Namanya diambil dari dewa perang Romawi, Mars. Planet ini sering dijuluki sebagai “planet merah” karena tampak dari jauh berwarna kemerah-kemerahan. Ini disebabkan oleh keberadaan besi (III) oksida (Fe2O3)di permukaan planet Mars.

Reference:

  1. McIlwain, H. and Bachelard, H.S., Biochemistry and the Central Nervous System, Edinburgh: Churchill Livingstone, 1985)
  2. Wikipedia
Iklan

4 Comments »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: