Skip to content
Iklan

Reaksi Asam Sulfat dengan Gula


Menurut wikipedia, Gula adalah satu istilah bagi sekelas kristal karbohidrat yang boleh dimakan, terutama sukrosa, laktosa, dan fruktosa dicirikan oleh suatu rasa manis. Di dalam makanan, gula kebanyakan dirujuk hampir-hampir ekslusif merujuk kepada sukrosa, yang utamanya datang dari Gula tebu dan gula bit. Gula lain digunakan di dalam industri penyediaan makanan, tetapi ia biasanya diketahui oleh nama-nama yang lebih spesifik nama-nama glukosa, fruktosa atau gula buah, air gula jagung fruktosa tinggi, dll.

Tapi apakah kalian pernah melakukan percobaan dengan gula?

Kristal Gula

Kristal Gula.
Sumber Gambar : Wikipedia

Salah satu percobaan kimia paling spektakuler adalah salah satu yang paling sederhana. Percobaan ini bertujuan membuat gula (sukrosa) menjadi dehidrasi dengan asam sulfat. Pada dasarnya, semua yang kita lakukan untuk melakukan percobaan ini yaitu dengan menempatkan gula biasa dalam sebuah gelas kaca yang berisi asam sulfat pekat kemudian aduk (Kita dapat membasahi gula dengan sedikit air sebelum menambahkan asam sulfat). Asam sulfat menghilangkan air dari gula dalam reaksi eksoterm, melepaskan panas, uap, dan gas sulfur oksida. Selain bau belerang, reaksi ini juga berbau seperti karamel. Gula putih berubah menjadi arang hitam yang mendorong dirinya keluar dari gelas.

Yang Terjadi :
Gula adalah karbohidrat, jadi ketika kita menghilangkan air dari molekulnya, pada dasarnya yang tertinggal adalah elemen karbon. Reaksi dehidrasi ini adalah jenis reaksi eliminasi.

C12H22O11 (gula) + H2SO4 (asam sulfat) → 12 C (karbon) + 11 H2O (air) + campuran air dan asam

Meskipun gula mengalami dehidrasi, air tidak hilang dalam reaksi. Beberapa tetap sebagai cairan dalam asam. Karena reaksi adalah eksoterm, banyak air yang menjadi uap. (Untuk reaksi eksoterm dan endoterm bisa dilihat disini)

Tindakan Pengamanan
Jika kitamelakukan demonstrasi ini, gunakan tindakan pencegahan keselamatan yang tepat. Setiap kali kita berurusan dengan asam sulfat pekat, Anda harus mengenakan sarung tangan, pelindung mata, dan jas lab. Pertimbangkan kerugian belas kimia yang dipakai, karena membersihkan gula yang dibakar dan karbon dari gelas kimia itu bukanlah tugas yang mudah. Lebih baik untuk melakukan percobaan ini dalam lemari asam.

Sumber :

– chemistry.about.com

– wikipedia.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s