Mengenal Asam urat dan Cara Mengatasinya

ASAM URAT

Asam urat terjadi akibat metabolisme Purin, setiap orang memiliki asam urat. Hanya saja Kadarnya yang

Urate stones removed from a dog's urinary bladder.
Urate stones removed from a dog’s urinary bladder. (Photo credit: Wikipedia)

berbeda. Jika sudah terlalu banyak maka asam urat akan membentuk kristal di sendi sendi. Dan menyebabkan sakit karena kristal tersebut akan bergesekan dengan sendi saat digerakkan.

Purin merupakan bagian pokok dari asam nukleat. Karena itu konsumsi asam nukleat harus Sangat dikurangi, bahkan jika sudah parah. Asam nukleat harus di stop dahulu sampai kadar asam urat turun. Jika tidak, maka Asam urat akan semakin tinggi kadarnya. Karena saat kita makan asam nukleat, sama saja dengan kita makan purin.

 

Tapi apa itu asam nukleat? ga pernah denger tuh. jadi asam nukleat ini yang menyusun DNA dan RNA. sedangkan RNA dan DNA lah yang mencetak protein. oleh karena itu bisa kita anggap bahwa makanan berprotein tinggi juga memiliki asam nukleat yang tinggi. mudahnya, anggap makanan berprotein tinggi dapat menyebabkan asam urat.

Untuk ini ada yang perlu diklarifikasi lagi, Purin merupakan basa nitrogen yang sangat bermanfaat bagi tubuh, hanya saja kita tak boleh mengkonsumsinya secara berlebihan. saat muda tubuh kita memiliki regulator yang baik, namun saat bertambahnya usia, tubuh akan mengalami penurunan kinerja metabolisme. oleh karena itulah kita harus menjaga makanan yang masuk ke tubuh kita. Islam telah mengajarkan kepada kita bahwa sesuatu yang berlebihan itu tidaklah baik. begitu pula dengan protein

Asam Urat ini Larut dalam air dan dapat keluar melalui Urin. Namun yang HARUS diminum ialah air putih/ teh tawar. Kenapa? Karena air gula akan mengentalkan darah dan memperberat kinerja ginjal. Sehingga Asam urat akan lebih susah untuk keluar melalui Urin. maka sangatlah baik untuk mengkonsumsi air putih.

Bagaimana dengan hewan yang selalu memakan makanan berasam nukleat tinggi seperti biji bijian atau daging? dengan satu perbedaan saja asam urat sudah tidak lagi menjadi masalah. Yaitu dengan adanya enzim urikase. urikase dapat mengubah asam urat menjadi allantoin yang sangat larut di air.

KUNCI untuk Sembuh dari penyakit ini yaitu:

  1. Minum air putih Minimal 8 Gelas / Hari
  2. Jangan makan makanan berprotein tinggi . seperti kacang kacangan
  3. Minum obat yang diberikan dokter secara teratur

Saya menyediakan lembar kontrol minum untuk mengontrol berapa banyak anda minum air.

kontrol minum

 

Keterangan :

  1. Kotak besar untuk cek list ketika anda minum
  2. kotak kecil dikanan bawah untuk keterangan air yang diminum
  3. kotak dikiri untuk menunjukkan seberapa banyak anda minum dalam 1 gelas. arsir bagian sesuai bagaimana anda minum

 

Namun jika Asam urat sudah terlalu banyak perlu obat untuk mengatasinya. salah satu obat yang bisa digunakan untuk mengatasi penyakit ini yaitu allupurinol. Bagaimana allupurinol dapat mengatasi penyakit asam urat?

Jadi allupurinol ini bentuknya menyerupai xantin. xantin ialah hasil metabolisme purin yang akan menjadi asam urat. jadi enzim yang harusnya mengubah xantin menjadi asam urat. akan mengubah allupurinol menjadi alloxantin. sehingga asam urat tidak terbentuk. alloxantin sendiri lebih mudah larut dalam air.

 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.